PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Yanti Yulianti, Hana Lestari, Ima Rahmawati

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang perlu dikuasai oleh siswa agar dapat menghadapi berbagai permasalahan personal maupun sosial dalam kehidupannya. Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran RADEC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan kemampuan berpikir kiritis siswa. Metode yang digunakan adalah pre-eksprimen dengan desain one-grup pretest-posttest. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VA Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Rahmatan Lil Alamin Kecamatan Cibingbulang Bogor. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 27 siswa, yaitu dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap pretest dan posttest. Dari penelitian diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada pretest adalah 74 sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 86. Pengolahan data dianalisis menggunakan SPSS 21 for windows dengan uji Paired Sample t-test pada α (0,05) dan diperoleh nilai sig 0,000 < α (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Selanjutnya diperoleh nilai N-gain sebesar 0.513 (kategori sedang). Dapat diartikan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan model pembelajaran RADEC.


Keywords


kemampuan berpikir kritis; model pembelajaran radec; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aisah, N. (2020). Analisis Nilai Karakter Permainan Tradisional Pada Buku Siswa Kelas 4 SD Kurikulum 2013. Social, Humanities, and Education STudies (SHEs), 3(4), 397–403.

Amalia, D. J. (2017). Analisis Kelayakan Buku Siswa Kelas IV Tema Makhluk Hidup Kurikulum 2013. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 98–109. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.617

Dewi, M. P. (2020). Analisis Kesesuaian Materi IPA Buku Siswa Kelas IV SD Terhadap Standar Isi Kurikulum 2013. School Education Journalucation Journal, 10(1), 50–54.

Fogarty, R. (1991). The mindful school: How to Integrated the Curricula. IRI/SkylightPublishing, Inc.

Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. FIP Universitas Negeri Yogyakarta. https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_ilmu_pengetahuan_sosial

Ishack. (2004). Pendidikan IPS di SD. Universitas Terbuka.

Khoirunnisa, R., Aldina, R. A., & Yanti, P. G. (2020). Analisis Kesesuaian Materi Bahasa Indonesia pada Buku Siswa Kelas III SEMESTER 1 Revisi 2018 di Sekolah Dasar Dengan Kurikulum 2013. Spektrum Penellitian Pendidikan Dasar, 1(1), 1–8.

Krippendorff, K. (1993). Content Analysis : Introduction to its Theory and Methodology Terj. Analisis Isi : Pengantar Teori dan Metodologi. Rajawali.

Lesmoyo, A. Y. S. (2017). Analisis Kelayakan Buku Ajar Siswa Kelas VI SD Yang Ditulis Nesti Rahma Wati Trisnanda dan Diterbitkan CV HAsan Pratama Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Waspada FKIP UNDARIS, 2007(25), 54–60.

Maksum, A., & Juwita. (2016). Analisis Kualitas Buku Pelajaran IPS SD. Jurnal PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 30(1), 41–66.

Mawardi, W., & Hardini, K. (2019). Model Desain Pembelajran Tematik Kontekstual dalam Peningkatan Kebermaknaan Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1).

Nasional, K. P. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku (pp. 1–7).

Nova dan Habudin. (2017). Analisis Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas IV SD / MI Tema Cita-Citaku Dengan Kurikulum 2013. Primary, 9(1), 111–128.

Nusaibah, N., & Murdiyani, N. M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VII SMP. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 475–482.

Permendiknas. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2005 tentang Buku Teks Pelajaran (p. Hlm: 1-5).

Samlawi, F., & Maftuh, B. (1998). Konsep Dasar IPS. Depdikbud. https://doi.org/10.31227/osf.io/vf3nd

Sapriya, S. (2011). Pendidikan IPS. PT Remaja Rosdakarya.

Savage, T. V., & Armstrong, D. G. (2004). Effective Teaching in Elementary Social Studies. Prentice-Hall, Inc.

Sukino; Rahim, abdur. (2021). Analisis Standar Isi Terhadap Buku Teks Bina Akidah Akhlak Siswa Kelas I MAdrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013. Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(5), 1499–1512. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i5.22875

Yani, A. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 hana lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.