PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBATUAN E-LEARNING PADA MATERI MANAJEMEN PESERTA DIDIK

Vika Martahayu, Yuanita Yuanita

Abstract


Selama pandemi ini proses pembelajaran di tuntut untuk dilakukan secara daring salah satu melalui e-learning. Dengan e-learning tersebut di butuhkannya bahan ajar tambahan yaitu lembar kerja mahasiswa (LKM) yang di buat semenarik mungkin sehingga tidak terkesan kaku serta di kombinasikan dengan model pembelajaran sehingga mendukung proses pembelajaran yang di berikan dosen dan dapat mahasiswa tetap belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir meskipun dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKM dengan melihat kevalidan dan kelayakan lembar kerja mahasiswa mata kuliah manajemen pendidikan materi manajemen peserta didik berbasis problem based learning berbantuan e-learning. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian  dan  pengembangan menggunakan prosedur pengembangan dari Timpuslitjaknov dengan tahapan: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil, dan (5) uji coba lapangan skala besar. Setetelah dilakukannya pengujian kelayakan, dapat disimpulkan: (1) hasil rata-rata penilaian kelayakan ahli materi adalah 95,8% dengan kategori sangat valid,  penialai kelayakan ahli media adalah 95% dengan kategori sangat valid dan penilaian kelayakan ahli bahasa adalah 95% dengan kategori sangat valid. (2) hasil rata-rata penilaian setelah dilakukannya uji coba skala kecil sebesar 84,58% dengan kategori sangat baik atau layak,sedangkan hasil coba skala besar dengan nilai 89,85% dengan kategori sangat baik atau layak. Berdasarkan hasil kelayakan dapat disimpulkan dari ahli materi, bahasa dan media sampai di lakukannya uji coba skal kecil dan uji coba skala bersar bahwa LKM berbatuan e-learning di gunakan sebagai bahan ajar khususnya pada materi manajemen peserta didik.


Keywords


e- learning; lembar kerja mahasiswa; manajemen peserta didik; problem based learning

Full Text:

PDF

References


Agitsna, D, L, & Wahyuni, R, & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8 (3), 429-437.

Alpindo, O. Dahnus, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbantuan Games Pada Matakuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Kiprah.Vol 7 (2). H. 117-124. ISSN (Online): 2580-6947. ISSN (Print): 2354-7278.

Anas, N, R. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spritual Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.5, No. 2.

Bowe, B., Flynn, C., Howard, R., and Daly, S. 2003. Teaching Physics to Engineering Student Using Problem- Based Learning. International journal of Engineering Education Vol. 19, No. 5, pp. 742-746.

Fitriani, N. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Maket Ekosistem Tema Ekosistem Untuk Kelas V SD Yamastho Surabaya, Skripsi ditebitkan UMM. Malang

Handayani, S, & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1 (2), 144-151.

Hariyanto, S. (2015). Implementasi belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Haryonik, Y. & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6 (1), 40-55.

Indayati, T. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Metode Ilmiah Untuk Penguasaan Konsep Lingkungan dan Perubahannya. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. V. 7 (1). H. 49-59. p-ISSN: 2407-2451, e-ISSN: 2621-0282 DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a5.2020

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 1 7 No.1 , H. 41 -54.

Kusumayati, E, N. (2017). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar, Tesis. H. 46-58

Ni’mah, S. (2016). Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 70–79. https://doi.org/10.33654/jpl.v11i2.414

Nuraisyah, F. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Maket Ekosistem Tema Ekosistem untk kelas V SD Yamastho Surabaya. Skiripsi tidak diterbitkan.UMM, Malang

Paramita, A. D., Rusilowati, A., & Sugianto. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Suhu dan Kalor. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 58–67. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.1.1495

Riza, Y.,dkk.2017. Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berbasis problem based Learning (pbl) untuk meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah Peserta didik kelas viii. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 1, No. 2, Hal. 258-274 p-ISSN 2549-8495, e-ISSN 2549-4937©Prodi Pendidikan Matematika Unswagati Cirebon.

Sherly, A. F., Ridlo, S., & Priyono, B. (2012). Keefektifan media spesimen dengan metode Two Stay-Two Stray pada materi arthropoda. Unnes Journal of Biology Education, 1 (1), 1–8.

Suharyanto. Mailangkay, L,B,A. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya. Vol, 3. No, 4. H. 17-21. ISSN 2337-6686. ISSN-L 2338-3321.

Timpuslitjaknov. 2008. Metodologi Penelitian Pengembangan : Departemen Pendidikan Nasional

Yaumi, M. (2011). Integrasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(1), 88–102. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n1a6




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vika Martahayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.