KELAYAKAN LKS PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SD/MI

Redha Mawaddah, Retno Triwoelandari, Fahmi Irfani

Abstract


Bahan ajar yang dikembangkan guru belum dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, maka perlu adanya pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk  megetahui prosedure pengembangan LKS pembelajaran IPA berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, 2) Untuk mengetahui kelayakan LKS pembelajaran IPA berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development), adapun model pengembangan yang digunakan yaitu model Analyze learner, State Standards and Objective, Select strategies technology media and materials, Utilize strategies technology media and materials, Require and participation, Evaluate and Revise (ASSURE) yang meliputi 6 tahapan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan kuesioner.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Khoiru Ummah sebanyak 41 siswa.  Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS pembelajaran IPA berbasis STEM layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan presentase dari aspek kelayakan isi dan penyajian dari aspek materi dengan kategori sangat valid, aspek bahasa dengan kategori valid dan aspek desain dengan kategori sangat valid. Lembar kegiatan siswa ini juga dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, karena adanya peningkatan keterampilan kolaborasi siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perbedaan hasil rata-rata nilai pada kelas posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa LKS pembelajaran IPA berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan siswa, layak digunakan.

 


Keywords


LKS pembelajaran IPA; kolaborasi; STEM

Full Text:

PDF

References


Devi, V. P., Wahyudi, & Indarini, E. (2018). Penerapan Metode Number Head TogetherBerbantuan Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas 4 SDN Kuripan. Kalam Cendikia, 6(3), 16–20. (http://garuda.ristek.ac.id), diakses pada 11 Februari 2021

Dewi, N., & Hamdu, G. (2020). LKS Pembelajaran STEM Berdasarkan Kemampuan 4C dengan Media Lightning Tamiya Car. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 369–378. (http://garuda.ristekdikti.ac.id), diakses pada 11 Februari 2021

Fatimah, S., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa pada pembelajaran outdoor berbasis STEM di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 101–107. (http://ejournal.upi.edu), diakses pada 27 Januari 2021

Gillies, R. M., & Ashman, A. F. (1996). Teaching collaborative skills to primary school children in classroom-based work groups. Learning and Instruction, 6(3), 187–200. (http://sciencedirect.com), diakses 28 September 2021

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Literasi Nusantara.

Hildayatni, D., Triwoelandari, R., & Hakiem, H. (2019). Kelayakan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Nilai Agama untuk Mengembangkan Karakter Rasa Ingin Tahu. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 3(2), 203–218. (http://e-journal.adpgmiindonesia.com), diakses pada 23 September 2021

İnan, C., & Erkus, S. (2017). The Effect of Mathematical Worksheets Based on Multiple Intelligences Theory on the Academic Achievement of the Students in the 4th Grade Primary School. Universal Journal of Educational Research, 5(8), 1372–1377. (http://erid.ed.gov), diakses pada 28 September 2021

Kelana, J. B., & Pratama, F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi. Lekkas.

Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Prosiding Sendika, 5(1). (http://eproccedings.umpwr.ac.id), diakses pada 18 Januari 2021

Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Abad. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 28–35. (http://ojs.unm.ac.id), diakses pada 29 Januari 2021

Naila, I., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2020). Training Elementary Students’ Collaborative and Entrepreneurship Skills Using Science Student Worksheet Based on Project Learning. 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019), 616–621. (http://creativecommons.org), diakses pada 28 September 2021

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 430–443. (http://repository.lppm.unila.ac.id), diakses pada 19 Februari 2021

Rodríguez, A. I., Riaza, B. G., & Gómez, M. C. S. (2017). Collaborative learning and mobile devices: An educational experience in Primary Education. Computers in Human Behavior, 72, 664–677. (http://sciencedirect.com), diakses pada 28 September 2021

Rosada, S., Triwoelandari, R., & Supriatna, I. (2019). Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa Terintegrasi Nilai Agama Pada Mata Pelajaran IPA untuk Mengembangkan Karakter Disiplin. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(1), 134–147. (http://ejournal.iain.kendari.ac.id), diakses pada 11 Februari 2021

Sampurno, P. J., Sari, Y. A., & Wijaya, A. D. (2015). Integrating STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Disaster (STEM-D) education for building students’ disaster literacy. International Journal of Learning and Teaching, 1(1), 73–76. (http://researchgate.net), diakses pada 29 September 2021

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117. (http://ejournal.uinib.ac.id), diakses 11 Februari 2021

Setiawaty, S., Imanda, R., Fitriani, H., & Sari, R. P. (2020). Pengembangan LKS sains berbasis STEM untuk siswa Sekolah Dasar. SEMINAR NASIONAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN, 1(1), 484–489. (http://publikasi.ikipmataram.ac.id), diakses pada 27 Januari 2021

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suwarma, I. R., Astuti, P., & Endah, E. N. (2015). “Balloon Powered Car†Sebagai media pembelajaran IPA berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains, 373–376. (http://ifory.id), diakses pada 25 Februari 2021

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. (http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id), diakses pada 18 januari 2021

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2020). Student worksheet based on Surakarta’s local wisdom in primary school: A preliminary research. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 4(1), 56–65. (http://jurnal.uns.ac.id), diakses pada 29 September 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 redha mawaddah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.