PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN HEURISTIK PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Heuristik pemecahan masalah dan sikap matematis siswa terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan sikap matematis siswa yang menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri Leuwikujang I sebagai kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas V SD Negeri Rajawangi I sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan skala sikap matematis siswa. Data hasil penelitian berupa skor pretes dan postes siswa dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji korelasi Product Moment Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa, siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL)mengalami peningkatan pada kemampuan strategi heuristic pemecahan masalah dan sikap matematis yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika secara konvensional.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), heuristik pemecahan masalah, sikap matematis.Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i2.331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Diding Ruchaedi, Ilham Baehaki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.