PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN HEURISTIK PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR

Diding Ruchaedi, Ilham Baehaki

Abstract


Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh rendahnya kemampuan Heuristik pemecahan masalah dan  sikap  matematis  siswa  terhadap pelajaran  matematika.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan sikap matematis siswa yang menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.  Metode  dalam  penelitian  ini menggunakan  desain  kuasi  eksperimen  dengan  subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri Leuwikujang I sebagai kelas eksperimen dan seluruh siswa kelas V SD Negeri Rajawangi I sebagai kelas kontrol.  Instrumen  yang digunakan  adalah  tes  kemampuan  pemecahan masalah  dan  skala  sikap  matematis siswa.  Data  hasil  penelitian  berupa  skor   pretes  dan  postes  siswa  dianalisis  dengan menggunakan  uji  t  dan  uji  korelasi  Product  Moment  Pearson.  Berdasarkan  hasil analisis  data  diperoleh  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa, siswa  yang mendapatkan  pembelajaran  Problem Based Learning (PBL)mengalami  peningkatan  pada  kemampuan  strategi heuristic pemecahan masalah dan sikap matematis yang lebih  baik  dibandingkan  dengan  siswa  yang  mendapatkan  pembelajaran matematika  secara  konvensional.

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), heuristik pemecahan masalah, sikap   matematis.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i2.331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Diding Ruchaedi, Ilham Baehaki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.