UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYEDERHANAKAN DAN MENGURUTKAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN PLANEL (PTK di Kelas VI-B SDN Karsamenak Kota Tasikmalaya)

Tatik Maryati

Abstract


Berhasil tidaknya pembelajaran sangat tergantung kepada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.Guru merupakan ujung tombak paling depan dalam mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.Salah satunya adalah kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran Papan Planel.Kompetensi siswa yang ditingkatkan melalui Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Menyederhanakan dan

Mengurutkan Pecahan dengan menggunakan media Papan Planel sehingga diharapkan adanya peningkatan pencapaian target dalam Ketuntasan Minimal.Rumusan masalah pokok adalahâ€Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan dengan Menggunakan Media Papan Planelâ€.Tujuan penelitian ini adalah untuk Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan,yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan tahapan observasi,wawancara,dan tes untuk pengumpulan data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses pembelajaran Matematika tentang Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan dengan Media Papan Flanel di Kelas VI B SDN Karsamenak menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus .Hal ini terlihat dengan peningkatan rata-rata skor dari 2,15 atau 53,75 % pada para tindakan menjadi 2,78 atau 69,5 % pada siklus I ,Dan semakin meningkat pada siklus II yaitu 3,3 atau 94,1 %. 2) aktivitas siswa pada pembelajaran Matematika tentang Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan dengan Media Papan Flanel di Kelas VI B.SDN.Karsamenak menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus.Hal ini terlihat dengan peningkatan rata-rata skor 1,9  atau 38 % pada Para Tindakan menjadi 2,9 atau 58 % pada siklus 1,kemudian 4,4 atau 88 %, 3) hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika tentang Menyederhanakan dan Mengurutkan Pecahan dengan Media Papan Flanel di Kelas VI B SDN.Karsamenak,menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus.Hal ini terlihat dengan peningkatan rata-rata skor dari 36,28 atau 46,51 % pada Para Tindakan menjadi 55,16 atau 70,07 % pada Siklus 1.Kemudian semakin meningkat pada Siklus II yaitu 76,8 atau 98,46 %.

 

Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran Papan Planel

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i1.320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tatik Maryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.