PENGGUNAAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG BENDA-BENDA YANG BERGERAK MENGGUNAKAN BATU BATERAI DI KELAS I SDN KULUR I

Jumhati Jumhati

Abstract


Penelitian bertujuan meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA tentang benda-benda yang bergerak menggunakan batu baterai. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Dalam satu siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kulur I, subjek penelitian adalah kelas I berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 8 orang perempuan. Uji coba pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilaksanakan tanggal 29 Maret 2015 dan tanggal 9 April 2015. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode demonstrasi mampu meningkatkan pemahaman siswa sekaligus meningkatkan hasil belajar   pada siswa kelas I SD Negeri Kulur I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Hal itu dikeranakan metode demontrasi mampu meningkatkan minat dan hasil evaluasi dalam pembelajaran IPA. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaaan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, minat siswa kelas I SDN Kulur I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode demontrasi  meningkat secara signifikan dan realistis. Peningkatan hasil belajar tersebut diketahui dari hasil tindakan Siklus I dan Siklus II. Nilai rata-rata Pra Siklus sebesar 72. Pada tindakan siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 81 dan persentase keberhasilan 70% termasuk dalam kategori rendah. Pada tindakan siklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 92 dengan persentase keberhasilan 100% termasuk dalam katagori tinggi. Dengan melihat data keberhasilan tersebut maka diindikasikan bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi berhasil dengan baik.

 

Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i1.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jumhati Jumhati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.