PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NoS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN NoS SISWA SEKOLAH DASAR

Suratmi Suratmi, Ari Widodo

Abstract


Pemahaman tentang Nature of science (NoS) sangat penting bagi peserta didik karena berkaitan dengan pemahaman peserta didik bagaimana seorang ilmuwan bekerja, literasi sains dan mampu mengenali konsep pseudosains yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman NoS peserta didik sekolah dasar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Nos (Nature of science). Metode yang digunakan adalah pre-ekperimen dengan desain one grup pretest postest. Instrumen yang digunakan adalah angket pemahaman NoS dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pemahaman awal peserta didik terhadap NoS dengan persentase 84%  dan setelah pembelajaran dengan model NoS dengan persentase 89%. Dilihat dari aspek Nos yang paling rendah adalah pemahaman peserta didik tentang hukum dan teori. Setelah dilakukan uji t dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan pemahaman NoS peserta didik sebelum dengan sesudah menggunakan pembelajaran NoS.


Keywords


pemahaman NoS; pembelajaran NoS; sekolah dasar

Full Text:

215-223

References


Adi, Y. K., & Widodo, A. (2018). Pemahaman Hakikat Sains Pada Guru Dan Siswa Sekolah Dasar. Edukasi Journal, 10(1), 55–72. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i1.1831

Anggraeni, P., & Widodo, A. (2019). Pemahaman NOS di Era Revolusi Industri 4.0 pada Mahasiswa PGSD dan Guru Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 67–86. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3293

Bell. (2008). Bell, R. L. (2008). Best Practices in Science Education... - Google Cendekia. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Bell%2C+R.+L.+%282008%29.+Best+Practices+in+Science+Education+Teaching+the+Nature+of+Science+%3A+Three+Critical+Questions.+Cengage.+&btnG=

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education.

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. http://www.ijese.com/

Jiang, F., & Mccomas, W. F. (2014). Analysis of Nature of Science Included in Recent Popular Writing Using Text Mining Techniques. https://doi.org/10.1007/s11191-014-9703-0

Jumanto, J., & Widodo, A. (2018). Pemahaman Hakikat Sains Oleh Siswa Dan Guru Sd Di Kota Surakarta. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 20. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.61

Khine, M. S. (2013). Advances in nature of science research: Concepts and methodologies. In Advances in Nature of Science Research: Concepts and Methodologies. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2457-0

Lawson, A. E. (1982). The nature of advanced reasoning and science instruction. Journal of Research in Science Teaching, 19(9), 743–760. https://doi.org/10.1002/tea.3660190904

Lederman, N. G., Abd-El-Khalick, F., Bell, R. L., & Schwartz, R. S. (2002). Views of Nature of Science Questionnaire: Toward Valid and Meaningful Assessment of Learners’ Conceptions of Nature of Science. Journal of Research in Science Teaching, 39(6), 497–521. https://doi.org/10.1002/tea.10034

Mccomas, W. F. (2015). The Nature of Science & the Next Generation of Biology Education Challenges to Inclusion of NOS in the Classroom This issue of The American Biology Teacher features articles related to the nature of science ( NOS ). The American Biology Teacher, 77(7), 485–491. https://doi.org/10.1525/abt.2015.77.7.2.THE

Meichtry, Y. J. (1992). Influencing student understanding of the nature of science: Data from a case of curriculum development. Journal of Research in Science Teaching, 29(4), 389–407. https://doi.org/10.1002/tea.3660290407

Mercado, C. T., Macayana, F. B., & Urbiztondo, L. G. (2015). Examining Education Students’ Nature of Science (NOS) Views. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 101–110. www.apjmr.com

Olson, M. & J. (1998). The nature of science in international science education standards documents. Springer. https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/0-306-47215-5_2.pdf

Rahayu, A. H., & Widodo, A. (2019). Understanding of Nature of Science Pre-Service Students and Elementary School Teachers in the Digital Age. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2), 161–172. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3251

Tursinawati, T. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. In PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.157

Tursinawati, T., & Widodo, A. (2019). Pemahaman Nature of Science (NoS) Di Era Digital: Perspektif Dari Mahasiswa PGSD. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.13294

Wallace, B. (2013). Book Review: Mind Expanding: Teaching for Thinking and Creativity in Primary Education. In Gifted Education International (Vol. 29, Issue 1). https://doi.org/10.1177/0261429412440656




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i2.3092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 suratmi suratmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.