PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PUTAR STIKER PINTAR DALAM MATERI ASEAN KELAS VI SEKOLAH DASAR

Nadia Adlina Maulya, Fitria Martanti, Ersila Devi Rinjany

Abstract


Belum adanya media pembelajaran yang mampu memunculkan motivasi belajar yang berakibat pada kemampuan berpikir kritis yang meningkat, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang memenuhi kebutuhan para siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis kebutuhan pendidik dan peserta didik dalam pengembangan media Roda Putar Stiker Pintar materi ASEAN, dan 2) mengukur kevalidan media Roda Putar Stiker Pintar materi ASEAN. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan mengadaptasi model Richey and Klein yang mempunyai 3 tahapan, yaitu Planning, Production, Evaluation. Data dianalisis dengan menggunakan Research, Design, Production, Evaluation (RDPE). Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan media yang diharapkan pendidik dan peserta didik adalah media disajikan dengan bahan kayu dan warna yang variatif. Tinggi roda putar yang diinginkan ±52 cm dengan ukuran stiker ±19cm x 19cm. Panah tunjuk berada dibagian atas media Roda Putar dan bahasa yang digunakan bahasa Indonesia dnegan penyampaian yang mudah dipahami.Media Roda Putar Stiker Pintar dinyatakan sangat layak untuk diujicobakan ke peserta didik. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai rerata 82,85% dan dari ahli media memperoleh nilai rerata 98,83%. Maka dapat disimpulkan bahwa media Roda Putar Stiker Pintar Layak digunakan sebagai media pembelajaran materi ASEAN kelas VI.

 


Keywords


ASEAN; pengembangan media; roda putar stiker pintar

Full Text:

201-214

References


Ahmad Syawaluddin, Andi Makkasau, Ina Fitrayani Jamal. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.†JIKAP PGSD 3 (3).

Amiruddin, Perencanaan Pembelajaran (Konsep dan Implementasi), Yogya:Parama Ilmu, 2016.

Ardiansyah, MZF, 2018, "Pengembangan Media Permainan Roda Putar Materi Pokok Ekosistem dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar", Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan Unesa Vol 9 No 2. Dirujuk dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/25180 pada 28 Juni 2021 pukul 01.25 WIB

Miaz, Yalvema. 2012. “No TitlePeningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Di Sekolah Dasar.†Pedagogi 12 (2).

Nuril Nuzulia, Elok Khoirul Muna Mabni Zain. 2020. “PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR PADA MATA PELAJARAN IPS BERBASIS HOTS KERAGAMAN SUKU DAN BUDAYA KELAS 4 DI MI PSM PADANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG.†Al-Madrasah 5 (1).

Prihma Sinta Utami, Abdul Gafur. 2015. “Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di SMP Negeri Di Kota Yogyakarta.†Harmoni Sosial 2 (1).

Rifki Afandi. 2013. “Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau.†Pedagogia 2 (1).

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D), Bandung: Alfabeta,

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Syawaluddin, Ahmad and Makkasau, Andi and Jamal, Ina Fitriyani. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.†JIKAP PGSD 3 (3).

Wahidin, Unang. 2018. “IMPLEMENTASI LITERASI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI.†Edukasi Islami 7 (2).

Wahyu Bagja Sulfemi. 2018. PENGGUNAAN METODE DEMONTRASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS.†Pendas Mahakam 3 (3).

Yamin, Muhammad, and Syahrir. 2020. “PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR (TELAAH METODE PEMBELAJARAN).†Jurnal Ilmiah Mandala Education 6 (1).

Wahyu Bagja Sulfemi. 2018. PENGGUNAAN METODE DEMONTRASI DAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS.†Pendas Mahakam 3 (3).

Yamin, Muhammad, and Syahrir. 2020. “PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR (TELAAH METODE PEMBELAJARAN).†Jurnal Ilmiah Mandala Education 6 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i2.3083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 fitria Martanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.