BUDAYA MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SOKARAJA NANGGULAN KULON PROGO YOGYAKARTA

Astika Noviandari, Dhiniaty Gularso Gularso

Abstract


Membaca termasuk faktor penting dalam bidang pendidikan yang dilakukan untuk memperoleh informasi yang belum diketahui. Tingkat membaca di Indonesia tergolong rendah dan menempati peringkat ke 60 dari 61 negara. Minat membaca dipengaruhi oleh kebiasaan, motivasi, lingkungan sekolah, dan keberadaan perpustakaan. Minat membaca yang dilakukan secara terus menerus akan menjadi kebiasaan yang membentuk budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui budaya membaca di SD Negeri Sokaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik etnografi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, guru, petugas perustakaan, dan siswa. Teknik analisis data menggunakan Milles Huberman yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan ksimpulan. Keabsahan data diketahui dengan menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan penelitian mengenai budaya membaca siswa di SD N Sokaraja bahwa budaya membaca siswa dipengaruhi oleh minat dan kebiasaan. Salah satu kegiatan pembiasaan yang dilakukan adalah pelaksanaan program literasi 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Setiap guru kelas juga menerapkan program “makan siang†untuk melatih siswa yang belum bisa membaca. Sekolah berupaya menyediakan tempat yang memadai untuk membaca, seperti adanya pojok baca kelas dan pojok baca bebas (taman baca). Kondisi perpustakaan dibuat menarik dan penataan rak yang disusun rapi membentuk huruf “Uâ€.. Pada data inventaris buku hingga tahun 2020 terdapat 2919 buku.Pada tahun 2020 terdapat penambahan sebanyak 216 buku ilmu pengetahuan umum dan pendidikan agama Islam.


Keywords


budaya membaca; minat; sekolah; siswa

Full Text:

PDF

References


Andreas, S. (2018). PISA 2018, Insight and Interpretations. Organization of Economic Co-operation and development (OECD). OECD.org.

Cahyani, A. D., & Christiani, L. (2015). Pengaruh ketersediaan koleksi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi siswa di Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal ilmu perpustakaan, 4(2), 46-53.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Devega, E. (2017). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet Di Medsos. Diakses dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media pada 15 Juli 2020.

Dewi, A. A. A. S., Suardika, I. W. R., & Ganing, N. N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbasis Permainan Edukatif Sing To Remember Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Gugus Letkol Wisnu. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Dharma, K.B. (2020). Implementasi Gerakann Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, vol. 1 no. 2, hal. 292-309.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatakan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 1 No.2 Hal. 63-68.

Fitria, A. (2018). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah oleh Siswa di Sekolah Dasar Negeri Golo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 5, hal. 382-393.

Idris, MH dan Ramdani, I. (2015). Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima.

Ira, R., Teguh, I., Winda M. J., Mela, D. (2021). Analisis Gimik Ketidakadilan Melalui Pendidikan Berbasis Literasi Kritis Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 7 No. 1 Januari 2021. Hal 62-73.

Suharmono, K. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI) Vol 1, No. 1 hal 79-95.

Mangapeng, REF. (2016). Peranan Pengelola Perpustakaan dalam Meningkatkan Pelayanan bagi Siswa SMP Negeri Empat Manado. E-Journal “Acta Diurnaâ€, vol.5 no.2, hal. 1-14.

Marg, SA. (2014). Reading Corner in Schools of Mathura District, Uttar Pradesh. Department of ElementaryEducation.http:// www.ncert.nic.in/departments/nie/dee/publication/pdf/R adingcornerinenglish.pdf.

Naim, N. (2013). The Power Of Reading Menggali Kekuatan Membaa untk Melejitkan Potensi Diri. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya Volume 6 Nomor 8 Tahun 2017.

Novriliam, R., & Yunaldi, Y. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 1(1), 141-150.

Nursalina, AI dan Budiningsih TE. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Minat Membaca pada Anak. Educational Psychology Journal, vol.3 no.1, hal. 1-7.

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 2 No. 3 Hal: 283-289.

Prasetyono, DS. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Yogyakarta.

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395-407.

Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rezha Hadyan. 2021. Ini 5 Negara Dengan Budaya Membaca dan Literasi Tinggi https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4597 diunduh 22 Juni 2016 pukul 14.14 WIB

Santoso, H. (2011). Metode pengukuran tingkat kepuasan pemakaiperpustakaan perguruan tinggi. Diakses dari http://digilib.um.ac.id/images/stories/pustakawan/pdfhasan/metode pengukuran tingkat-kepuasan-pemakai, pada 4 Oktober 2020.

Shofaussamawati. (2014). Menumbuhkan Minat Baca dengan Pengenalan Pada Perpustakaan Sejak Dini. Jurnal Perpustakaan Libraria. 2(1), 53. Diambil pada tanggal 28 Oktober 2019, dari http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1189/1082.

Sinaga, D. (2005). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Benjana, dalam Novriliam, R. dan Yunaldi. 2012. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Pusat Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, vol. 1 no.1, hal. 141-151.

Sinaga, D. (2011). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Suhendar, Y. (2014). Panduan Petugas Perpustakaan: Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group, hal. 9.

Suherman. (2009). Perpustakan sebagai Jantung Sekolah. Bandung: MQS Publishing, dalam Novriliam, R. dan Yunaldi. 2012. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Pusat Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, vol. 1 no.1, hal. 141-151.

Suryani, I. (2017). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 292-309.

Susilo, S. V., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan model multiliterasi untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan persuasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). Hal 66-71.

Sutikno, Minarsih, MM., dan Budi, L. (2015). Pengaruh Faktor-Faktor Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Siswa ke Perpustakaan SMP 3 Jekulo Kudus. Hal. 6. Diakses dari https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/download/294/290, pada 4 Oktober 2020.

Wiji, S. (2011). Perpustakaan dan Buku. Yogyakarta: Arruz Media.

Udhiyanasari, K. Y. (2019). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas II di SDN Manahan Surakarta. Speed Journal: Journal of Special Education, 3(1), 39-50.

Utami, R. D., Wibowo, D. C., & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 179-188.

Wilis dalam Danifil. (2018). Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Tenaga Edukatif Non Bahasa Inggris di Universitas Riau. Disertasi, (Malang: PPs, 1985), hlm. 60-61.

Yulia, A. (2005). Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.2880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Astika Noviandari, Dhiniaty Gularso Gularso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.