ANALISIS GIMIK KETIDAKADILAN MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS LITERASI KRITIS DI SEKOLAH DASAR

Ira Regganis, Teguh Ibrahim, Winda M Juwita, Mela Darmayanti

Abstract


Masalah dari penelitian ini adalah masih jarangnya penerapan proses pembelajaran berbasis literasi kritis di sekolah dasar, terutama yang mengangkat kritik pada kekuasaan dan ketidakadilan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis pada fenomena ketidakadilan yang kerap kali terjadi di lingkungan masyarakat melalui pendidikan literasi kritis di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang diharapkan mampu mengungkap dan mendeskripsikan secara mendalam bagaimana siswa dapat menginterogasi teks dan menemukan stuktur kalimat tentang ketidakadilan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Sukajadi 07 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendidikan literasi kritis, siswa sekolah dasar dapat menginterogasi teks dan menggugat fakta ketidakadilan yang ada didalamnya. Siswa juga mampu mengaitkan problematika tersebut dengan sifat manusia yang serakah, curang dan keji. Selain itu siswa juga dapat memproduksi teks yang mempromosikan keadilan sosial, harapan, pesan penting dan upaya solutif untuk masa depan yang lebih baik. Penelitian ini memiliki signifikansi bagi penguatan keilmuan pedagogik kritis di sekolah dasar


Keywords


literasi kritis; pedagogik kritis; sekolah dasar

Full Text:

62-73

References


Anderson, A. (2019) ‘Advancing Global Citizenship Education Through Global Competence and Critical Literacy: Innovative Practices for Inclusive Childhood Education’, SAGE Open, 9(1). doi: 10.1177/2158244019826000.

Bezemer, J., & Jewitt, C. (2016) BOOK CHAPTER Multimodal Analysis: Key Issues.

Bidari, A. (2016) ‘KETIDAKADILAN HUKUM BAGI KAUM SANDAL JEPIT’, 4(1), pp. 64–75.

Bland, B. (2019) ‘Politics in Indonesia: Resilient elections, defective democracy’, (April), p. 23. Available at: https://www.lowyinstitute.org/sites/default/files/Bland_Politics in Indonesia_WEB_0.pdf.

Budirahayu, T. (2020) ‘Volume II’, Caroline of Lichtfield, II, pp. 79–158. doi: 10.4324/9781315649412-3.

Burbules, N. C. & Berk, R. (2008) ‘Critical Literacy for school improvement: An action research project’, Improving Schools, 11(2), pp. 101–113. doi: 10.1177/1365480208091103.

Cazden, C. et al. (1996) ‘The New London Group’, A Pedagogy of Multiliteracies, pp. 60–93.

Comber, B. (2001) ‘Critical literacy: Power and pleasure with language in the early years’, 5.

Cooper, K., & White, R. E. (2008) ‘Critical Literacy for school improvement: an action research project. Improving Schools’, 11(2), pp. 101–113. Available at: d.

Cresswell (2019) ‘Ketidakadilan Bagi Masyarakat Miskin dalam Aksesibilitas Jaminan Kesehatan Nasional Di Kota Bandung’, Jispo, 9(1), pp. 455–469.

Fairclough, N. (2014) Critical language awareness. Routledge.

Fauzanto, A. (2020) ‘Pertanggungjawaban Keuangan Desa Berdasarkan Prinsip’, Widya Yuridika: Jurnal Hukum, 3(1), pp. 43–52.

Forest, D. and Kimmel, S. (2016) ‘Critical Literacy Performances in Online Literature Discussions’, Journal of Education for Library and Information Science Online, 57(4), pp. 283–294. doi: 10.12783/issn.2328-2967/57/4/3.

Freire, P. and Macedo, D. (2005) Reading the Word and the World. London: Routledge. doi: https://doi.org/10.4324/9780203986103.

Gerung, R. (2020) ‘Long Time No See! Rocky Gerung: yang Terbakar Bukan Kejagung, tapi Pasar Gelap Keadilan!’, ILC tvOne. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=lxO-v5SDB1Y&t=165s.

Hammond, J. and Macken-Horarik, M. (1999) ‘Critical literacy: Challenges and questions for ESL Classrooms. “TESOL Quarterly,33â€â€™, pp. 528–543.

Hendriani, A., Nuryani, P. and Ibrahim, T. (2018) ‘Pedagogik Literasi Kritis ; Sejarah, Filsafat Dan Perkembangannya Di Dunia Pendidikan’, Pedagogia, 16(1), p. 44. doi: 10.17509/pdgia.v16i1.10811.

Izziyana (2019) ‘Korupsi Dalam Dimensi Kekuasaan’, 1(2).

Kaur, S. and Sidhu, G. K. (2014) ‘Evaluating the Critical Literacy Practices of Tertiary Students’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, pp. 44–52. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.1396.

Koh, A. (2002) ‘Towards a critical pedagogy: Creating “thinking schools†in Singapore’, Curriculum Studies, 34. doi: 10.1080/00220270110092608.

Kress, G. (2006) Literacy in the New Media Age (review), Language. doi: 10.1353/lan.2006.0242.

Lee, C. (2016) ‘(literacy)Teaching Multiple Literacies and Critical Literacy to Pre-’, 12(1).

Lie, K. Y., Fei, W. F. and Ismail, K. (2012) ‘Students’ critical consciousness through critical literacy awareness’, GEMA Online Journal of Language Studies, 12(2), pp. 727–743.

Muqsith, M. A. (2020) ‘UU Omnibus Law yang Kontroversial mengesahkan Omnibus Law RUU Cipta Kerja ( Ciptaker ) pada Rapat’, ’Adalah, 4(12), pp. 109–115. Available at: http://103.229.202.71/index.php/adalah/article/view/17926.

Norris, S. (2018) Analyzing multimodal interaction: A multimodal framework, e-conversion - Proposal for a Cluster of Excellence. London: Routledge.

Palincsar, A. S. and Schutz, K. M. (2011) ‘Reconnecting strategy instruction with its theoretical roots’, Theory into Practice, 50(2), pp. 85–92. doi: 10.1080/00405841.2011.558432.

Panjaitan, B. (2019) ‘Melawan Ketidakadilan.’, JURNAL PIONIR, 5(3).

Paratmanitya, Y. and Veriani, A. (2016) ‘Kandungan bahan tambahan pangan berbahaya pada makanan jajanan anak sekolah dasar di Kabupaten Bantul’, Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 4(1), p. 49. doi: 10.21927/ijnd.2016.4(1).49-55.

Patittingi, F. and Jurdi, F. (2016) Korupsi kekuasaan: dilema penegakan hukum di atas hegemoni oligarki. PT. RajaGrafindo Persada.

Pescatore, C. (2007) ‘Current Events as Empowering Literacy: For English and Social Studies Teachers’, Journal of Adolescent & Adult Literacy - J ADOLESC ADULT LITERACY, 51, pp. 326–339. doi: 10.1598/JAAL.51.4.4.

Rengganis, I. et al. (2019) ‘Pendekatan Literasi Kritis Di Sekolah Dasar’, 11(1), pp. 75–85.

Sa’diyah, F. (2018) ‘MUTU FISIK SEDIAAN SUSPENSI EKSTRAK ETANOL BUAH CIPLUKAN ( Physalis angulata linn .) PHYSICAL QUALITY TEST FOR SUSPENSION PREPARATION OF CIPLUKAN FRUIT ETANOL EXTRACT (( Physalis angulata linn .) Farida Aminatus Sa ’ diyah Akademi Farmasi Putra Indonesia’, pp. 1–9.

Silvers, P., Shorey, M. and Crafton, L. (2010) ‘Critical literacy in a primary multiliteracies classroom: The hurricane group’, Journal of Early Childhood Literacy, 10(4), pp. 379–409. doi: 10.1177/1468798410382354.

Simon, R. I. (1992) Teaching against the grain: Texts for a pedagogy of possibility. Greenwood Publishing Group.

Syamsuddin, A. R. (2020) ‘Pembuktian Penyalahgunaan Wewenang Dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa’, Jambura Law Review, 2(2), pp. 161–181. doi: 10.33756/jlr.v2i2.5942.

Tarhan, S. (2018) ‘Turkish Secondary Education Students’ Perceptions of Justice and Their Experiences of Unjustice’, Journal of Education and Learning, 7(2), p. 247. doi: 10.5539/jel.v7n2p247.

Yanda, D. P. (2018) ‘Teks Cerita Si Palalok Sebagai Upaya Pemahaman Nilai-Nilai Kehidupan Melalui Metode Literasi Kritis’, Bahastra, 38(1), p. 20. doi: 10.26555/bahastra.v38i1.7998.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Teguh Ibrahim, Ira Rengganis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.