PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS METODE PEMBIASAAN DALAM MENINGKATKAN SENSITIVITAS MORAL SISWA DI SEKOLAH DASAR

Sama' Sama', Fajar Budiyono

Abstract


Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis metode pembiasaan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membiasakan siswa di Sekolah Dasar melakukan kegiatan yang yang dapat meningkatkan sensitivitas moral siswa. Perangkat pembelajaran yang masih digunakan saat ini masih belum mencerminkan bagaimana guru membiasaakn siswa untuk melakukan hal-hal yang positif, sehingga kurang maksimal dalam memperbaiki moral siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kefektifan, kevalidan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Dari hasil pengembangan perangkat pembelajaran dengan berbasias metode pembiasaan untuk mengetahui sensitivitas moral siswa di sekolah dasar sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran dengan menggunakan metode pembiasaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D dari Thiagarajan yang disederhanakan menjadi 3-D, yaitu define, design, dan develop dan diujicobakan di kelas IV SD Taman Muda Kalianget dengan menggunakan One Group Pretest and Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat, lembar pengamatan, dan lembar penilaian sensitivitas moral. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan. (1) hasil produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan valid. (2) Keterlaksanaan pembelajaran telah tercapai melalui analisis keterlaksanaan RPP dengan katagori baik. (3) Hasil analisis angket sensitivitas moral menunjukkan bahwa ada peningkatan sensitivitas moral siswa setelah diberikan proses pembelajaran dengan berbasis metode pembiasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis metode pembiasaan pada tema indahnya kebersamaan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan sensitivitas moral siswa Sekolah Dasar.

Keywords


metode pembiasaan; perangkat pembelajaran; sensitivitas moral

Full Text:

118-126

References


Amin, M. M. (2015). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Hak Cipta.

Angdreani, V., Warsah, I., & Karolina, A. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan: Upaya penanaman Nilai-Nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta’lim, 19(1), 1–21.

Arief, A. (2012). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Pers.

Asrori, M. A. & M. (2012). Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara.

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Firmansyah, F., Purwati, P., Siregar, N. N., & Irfa, I. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Rasa Ingin Tahu Pada Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 143–155.

Gonibala, A., Pikoli, M., & Kilo, A. La. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Materi Ikatan Kimia berbasis Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Melatihkan Sensitivitas Moral Siswa SMA. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(1), 1–6.

Halimah, R., & Zulfahmi. (2019). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pengembangan Moral Keagamaan Aud Kelompok B di RA An-Najwan Desa Kebun Balok Kabupaten Langkat. Jurnal Raudhah, 7(2), 1–19.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

Hurlock, E. (2007). Perkembangan Anak (jilid 2). Erlangga.

Ibrahim, M. (2014). Model pembelajaran inovatif melalui pemaknaan (belajar perilaku positif dari alam). Unesa University Press.

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 50–55.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Puskur-Balitbang. Kemendiknas.

Khorida, M. F. & L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam Paud. Ar-Ruzz Media.

Kung, W. N. (2011). Pendidikan moral. Chengage Learning Pte Ltd.

Machfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahmah, R. A. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, XIV(1), 54–66.

Mutakin, T. Z., Indra, N., & Rusmana, M. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Edutech, 1(3), 1–13.

Ratih, R., & Elisabeth, C. (2013). Penggunaan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Perilaku Moral Anak Kelompok B Di Tk Bina Anak Sholeh Tuban. Jurnal BK UNESA, 4(1), 329 – 337.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Syamsul, Y. (2012). Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT Remaja Rosdakarya.

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan Di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. Asatiza, 1(1), 49–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fajar Budiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.