EFEKTIVITAS MEDIA FILM PENDEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Dudu Suhandi Saputra, Yuyun Dwi Haryanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hail belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Cibeber II dengan menggunakan media film pendek. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas yang bekerja sama dengan guru kelas lima di Sekolah Dasar Cibeber II, dengan total 25 siswa di kelas V yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 tindakan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media film pendek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Cibeber II Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka.

Keywords


hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial, media pembelajaran film pendek

Full Text:

138-142

References


Anurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Astuti, Y.W., Mustadi, y. (2014). Pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD. Jurnal Prima edukasia, Vol 2 No 2.

Auliyah, A., Flurentin, E. (2016). Efektivitas penggunaan media film untuk meningkatkan empati Siswa Kelas VII SMP. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, Vol 1, No. 1.

Baksin, A. (2014). Jurnalistik Televisi : Teori dan Praktik. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Febriyanto, B., Sutarna, N. (2020). Effectivity photo story media usage in direct reading thinking activity methods towards ability understanding stories skills of elementary school students. Journal of physics: conference series, Vol 1477.

Hanafy, S,M. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran.jurnal Lentera Pendidikan. Vol 17, No. 7.

Ichsan, I.Z., Rusdi, Sartono, N. (2017). Hasil belajar system saraf menggunakan film pendek. Biosfer: jurnal pendidikan biologi, Vol. 10, No. 2.

Lestari, I. (2013). Pengaruh waktu belajar danminat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, Vol. 3, No. 2.

M. G. E, (2011). Action research,A guide for the teacher researcher 2nd. New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Mabruri, A. (2014). Manajemen Produksi Program Acara Televisi. Depo : Mind 8 Publishing House.

Muharria, Yusuf, S., Kartika, S. (2016). Pengaruh penerapan media film pendek sebagai sumber pemeblajaran sejarah terhadap hasil belajar siswa di kelas X matematika ilmu alam sekolah menengah atas Negeri 13 Palembang. Criksetra: Jurnal pendidikan sejarah, vol 5, No. 1

Nana Sudjana. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmatulla, M. (2011). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasli belajar. Jurnal penelitian pendidikan VOl.1, No. 1.

Saputra, At Al. (2019). Use ladder snack media inn improving student learning outcomes in mathematics learning in elementary school. Journal of physics: conference series, Ser. 1363 012058

Saputra, D.S. (2017). Interactive learning dalam pembelajaran speaking di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal cakrawala PENDAS, Vol 3 No. 1.

Saputra, D.S., Yuliati, Y., Hidayat, D.A. (2019). Penerapan pendekatan realistic mathematic education dalam meningkatkan hasil belajarasiswa. Numeracy: Jurnal ilmiah pendidikan matematika, Vol. 6, No.2.

Sardjiyo. (2014). Pendidikan IPS di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2013). Model Penelitian Kombinasi (Mix Methods).Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dudu Suhandi Saputra, YUYUN DWI HARYANTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.