SIMBOL JARI TANGAN SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN ANGKLUNG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

eka yulyawan kurniawan

Abstract


Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang dipelajari oleh beberapa Sekolah termasuk Sekolah Dasar, karena alat musik angklung memang memiliki nilai edukasi yang tinggi, selain untuk melatih rasa musikal, kreativitas juga bisa membuat siswa menjadi lebih tanggungjawab dan bekerjasama. Tetapi pada proses pembelajarannya tidak jarang siswa Sekolah Dasar mengalami kesulitan untuk memainkan angklung secara bersama-sama, hal ini merupakan permasalahan yang ada dilapangan, karena permainan angklung bukan permainan individu melainkan kelompok, jadi memerlukan waktu latihan yang cukup lama dalam proses pembelajarannya. hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan metode pembelajaran angklung menggunakan simbol jari tangan sederhana, dimana guru nantinya bisa mengajarkan dengan simbol jari tangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana penulis menceritakan proses pembelajaran angklung berdasarkan fakta dilapangan. Diharapkan dengan menggunakan metode simbol sederhana kesulitan belajar angklung siswa Sekolah dasar bisa diatasi, dan nantinya akan mempermudah guru dalam mengajar angklung di Sekolah dasar.


Keywords


Angklung; Sekolah Dasar; Simbol Jari Tangan

Full Text:

124-129

References


Febriyanto, B. (2016). Penerapan model cooperative integrated reading and composition dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Jurnal cakrawala pendas, vol 2 no 1

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (1999). Jakarta: Balai Pustaka

Kurniawan, EY. (2020). The Use of Action Research Method in Angklung Training for Elementary School Teachers at SDN Sukasari II. Atlantis Press

Makmun. (1995). Perkembangan Anak. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nawawi, H. 1995. Meoide Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Saputra, At Al. (2019). Use ladder snack media inn improving student learning outcomes in mathematics learning in elementary school. Journal of physics: conference series, Ser. 1363 012058

Saputra, D.S. (2017). Interactive learning dalam pembelajaran speaking di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal cakrawala PENDAS, Vol 3 No. 1.

Siyanto, S & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Soharto, M .1989. Pelajaran Seni Musik. Jakarta : Gramedia

Sudjana. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Sugiyono , (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 eka yulyawan kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.