PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Toto Sumianto, Sigit Vebrianto Susilo, Bella Febriani

Abstract


Penggunaan media pembelajaran menjadi suatu keniscayaan bagi guru dalam menjalankan roda pembelajaran. Kehadiran media pembelajaran menjadi sangat penting karena dapat membantu guru menguraikan konsep pembelajaran secara nyata di dalam kelas. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar memiliki peranan yang sangat penting bagi pengembangan keterampilan berbahasa baik membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi eksperimen dengan lokasi di Sekolah Dasar Negeri Leuwikidang 1 Kecamatan  Kasokandel  Kabupaten  Majalengka. Subjek  penelitian  adalah  siswa  kelas  V  SD  Negeri  Leuwikidang  1,  sebanyak  40  siswa   yang terdiri  dari 20  siswa untuk kelas A sebagai kelas kontrol dan  20  siswa untuk kelas B sebagai kelas  eksperimen.  Hasil penelitian menunjukan  bahwa efektivitas  media  pembelajaran audio visual pada  pembelajaran  Bahasa Indonesia dapat  meningkatkan hasil  yang  lebih baik disbanding dengan pembelajaran yang tanpa menggunkan  media audio visual. Hal ini ditunjukan dengan  perolehan  skor  pada  tes  hasil  belajar  (posttest)  lebih  unggul  dari  (pretest). Adapun hasil  pretest  dari kelas eksperimen yaitu memperoleh rata-rata sebesar 45,25 dan untuk kelas kontrol sebesar 41,25.  Untuk hasil  posttest  dari kelas eksperimen yaitu memperoleh ratarata sebesar 70,25 dan untuk kelas control sebesar 53,65.  Kesimpulan, efektivitas media pembelajaran audio visual dalam  meningkatakan  hasil  belajar  siswa  pada  pembelajaran  Bahasa Indonesia pada  siswa  kelas  V  Sekolah  Dasar  dapat  membedakan  hasil  belajar  siswa  secara signifikan.


Keywords


Media Pembelajaran Audio Visual; Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

Full Text:

108-115

References


Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1).

Alfayanti, L., Suwandi, S., & Winarni, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Video Pembacaan Cerpen Bermuatan Budaya Nasional Indonesia untuk Kompetensi Menelaah Karya Satra Bagi Pemelajar BIPA. Proceedings of Education and Language International Conference, 1(1), 624–629. http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/497277

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Eggiet, Erviana Vera Yuli (2018) Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Muhammadiyah Domban 2. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar FUNDADIKDAS Vol. 1 No. 1 Edisi Maret 2018. http://journal2.uad.ac.id/index.php/fundadikdas/article/view/963/pdf

Ekowati N, Mustaji, & Subroto W T. (2015) Pengembangan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riview Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol 1 No 1 Tahun 2015. DOI: 10.26740/jrpd.v1n1.p44-50

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576

Goretti, M., Mudjiman, H., & Haryanto, S. (2014). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 79-92.

Hasan, H. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 22–33.

Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-Hikmah, 14(2), 160–180.

Kristanto, A., Mustaji, M., & Mariono, A. (2017). The Development of Instructional Materials E-Learning Based On Blended Learning. International Education Studies, 10(7), 10. https://doi.org/10.5539/ies.v10n7p10

Laaser, W., & Toloza, E. A. (2017). The changing role of the educational video in higher distance education. International Review of Research in Open and Distance Learning, 18(2), 264–276. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i2.3067

Milosevic, D. (2017). Using video materials in English for technical sciences: a case study. New Developments in ESP Teaching and Learning Research, 2017, 15–30. https://doi.org/10.14705/rpnet.2017.cssw2017.743

Mirvan, X. (2013). The advantages of using films to enhance student’s reading skills in the EFL classroom. Journal of Education and Practice, 4(13), 62-66.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta. Prestasi Pustaka Raya.

Ode, E. O. (2014). Impact of Audio-Visual (AVs) Resources on Teaching and Learning in Some Selected Private ‎Secondary Schools in Makurdi. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL), 2(5), 195–202. http://www.impactjournals.us/journals.php?id=11&jtype=2&page=9

Pavlovich, A. E., & Marina, V. (2015). Use of audiovisual texts in university education process. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(1S2), 31–35. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n1s2p31

Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal PenSil, 6(1), 7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231

Saragih M. S. (2015) Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol 4 No 2 Tahun 2015. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9127

Sarani , A. Behtash, E. Z., & Arani, S. N. (2014). The Effect of Video-Based Tasks in Listening Comprehension of Iranian Pre-intermediate EFL Learners. Gist Education and Learning Research Journal, 29-47.

Supriatini, S. (2017). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Palembang. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 45. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.667

Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendas, 4(1), 33–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.710

Woottipong, K. (2014). Effect of Using Video Materials in the Teaching of Listening Skills for University Students. International Journal of Linguistics, 6(4), 200-212. https://doi.org/10.5296/ijl.v6i4.5870




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Toto Sumianto, Sigit Vebrianto Susilo, Bella Febriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.