PENGGUNAAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Mukti Sintawati

Abstract


Rendahnya hasil belajar matematika peserta didik di tingkat nasional maupun internasional menjadi salah satu masalah pendidikan di Indonesia. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor diantaranya adalah penggunaan strategi atau pendekatan pembelajaran yang tidak tepat dalam pembelajaran matematika. Konsep matematika yang abstrak akan sulit diterima oleh siswa jika pendekatan yang digunakan guru tidak menjembatani konsep berpikir peserta didik sekolah dasar yang taraf berpikirnya masih pada tahap operasional konkrit. Ketidaksesuaian pendekatan pembelajaran ini menyebabkan minat belajar matematika rendah sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah juga. Oleh karena itu guru harus memperhatikan taraf berpikir siswa dalam memilih pendekatan yang tepat dalam pembelajaran matematika. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan RME ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Serut. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengundi kelas IV A dan IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah uji dependent t test dan uji independent t test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan RME efektif ditinjau dari minat belajar dan hasil belajar matematika. Hasil penelitian ini juga menunjukkan pembelajaran menggunakan RME lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari minat belajar matematika


Keywords


hasil belajar; matematika; minat; RME

Full Text:

93-101

References


Azmidar, A., Darhim, D. & Dahlan, J.A. (2017). Enhancing Students’ Interest through Mathematics Learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 895 (2017) 012072.

Bray, A. & Tangney, B. (2015). Enhancing student engagement through the affordances of mobile technology: A 21st century learning perspective on realistic mathematics education. Mathematics Education Research Journal, 28 (1).

Elliot, S N., et al. (2000). Educational psychology: effective teaching, effective learning. Boston, MA: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2013). Rethinking early mathematics: What is research based curriculum for young children? In L. D. English & J. T. Mulligan (Eds.), Reconceptualizing early mathematics learning, 121–147.

Heuvel, A.V. D., & Panhuizen. (2003). The didactical use of models in realistic mathematics education: an example from a longitudinal trajectory on percentage. Educational Studies in Mathematics, 54, 9-35.

Hadi, S. (2018). Pendidikan Matematika Realistik teori, pengembangan, dan Implementasinya. Depok: Rajawali pers.

Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harackiewicsz, J.M., Smith, J. L. & Priniski, S. J. (2016). Interest matters: the importance of promoting interest in education. Policy Insight Behav Brain Sci, 3 (2), 220-227.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Karaca, Y. & Ozkaya, A. (2017). The effects of realistic mathematics education on students’ math self reports in fifth grades mathematics course. International Journal of Curriculum and Instruction, 9 (1), 81-103.

Kurino, Y. D. (2019). Model realistic mathematic education pada pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal cakrawala pendas, 5 (2), 184-187.

Laurens, T., dkk. (2018). How does realistic mathematics (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement?. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 14 (2) 569-578.

Mullis, I.V.S., dkk. (2015). TIMSS 2015 Assessment Frameworks and Specification. Chestnut Hill MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston Collage

Mulyani, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) untuk

Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada materi Aritmatika Sosial

Kelas VII H Semester I SMPN I Gubug Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal

Matematika dan Pendidikan Matematika , 84-91.

NCTM (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Tella, A. 2007. The impact of motivation on student’s academic achievement and learning outcomes in mathematics among secondary school students in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2), 149-156.

Zainil, M. (2017). Proceeding in the 9th International Conference for Science Educators and Teacher, 172-178. Atlantis Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.1865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 mukti sintawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.