IMPLEMENTASI STRATEGI 5R UNTUK MENGOPTIMALKAN KETERAMPILAN ABAD 21 MAHASISWA PGSD

Nur Asyiah, Sati Sati

Abstract


Abad 21 berkaitan erat dengan teknologi digital, sehingga mahasiswa yang banyak tergantungan dengan internet atau yahoo dan google untuk  menyelesaikan  setiap permasalahan dalam pembelajaran, bahkan tidak menganalisis sumber yang dilihat dan ditemukan tugas yang sama dengan makalah yang ada di internet. Padahal keterampilan tersebut sangat penting dimiliki oleh siswa di era digital saat ini. Sehingga perlu peran dosen dalam mengoptimalkan keterampilan mahasiswa di abad 21. Dalam penelitian ini mencoba menerapkan strategi 5R, yang sesuai dengan karakteristik dengan pembelajar di abad 21. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat efektifitas penggunaan strategi 5R (Research-based method, Relevance, Rational, Relaxed, and Rapport), terhadap keterampilan mahasiswa di abad 21.  Hal ini dilihat dari keterampilan creativity, Critical Thinking, Communication, Colaboration. Desain penelitian yang digunakan yaitu control grouph post test only design. Penilitian ini dilakukan di semester v prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon pada matakuliah inovasi pendidikan. untuk melihat efektifitas penggunaan strategi 5R (Research-based method, Relevance, Rational, Relaxed, and Rapport)  ini, dianalisis menggunakan uji homogenitas dan uji t. Di kelas kontrol  memperoleh mean sebesar 3,60 dan kelas eksperimen 3,86, hal ini menunjukan terdapat perbedaan nilai rata-rata keduanya. Hasil uji-t nilai pembelajaran inovasi pendidikan menggunakan strategi 5R adalah sebesar 0,032 pada keterampilan abad 21, karenakan kurang dari 0,05 maka penggunaan strategi 5R ini dianggap berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan abad 21.


Keywords


keterampilan abad 21, Strategi 5R

Full Text:

56-62

References


Benfer. E. Dan Shanahan. C. F. (2013). Educating the Invincibles: Strategies for Teaching the Millennial Generation in Low School. 20 CLINICAL. REV. 1

Boholano, H. B. (2017). Smart Social Networking: 21st Century Teaching and Learning Skills. Cebu Normal University. Research in Pedagogy. Vol 7, Issue 1 Hal 21-29

Center for Curriculum Redesign. (2015). Character Education for 21 th Century.

Erawati, M. 2016. Pembentukan Rapport di Kelas:Analisis Psikologi. Psikohumaniora: Jurnal penelitian sosiologi. vol. 1 No. 1 Halaman 75-94

Grover. T. P. Dan Groscurt. C. R. (2009). Principles Teaching The Millennial

Guilfod, J. P. (1983). Creatividad Y Educacion. Spain: Paidos

Hidayah, R. (2018). Implementasi Research-Based Learning pada mata kuliah Media Pembelajaran: Penelitian Kelas pada Calon Guru. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD)Vol. 2 No. 2

Nahdi, D.S. (2018). Keterampilan Matematika Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas vol. 5 No. 2

Piirto, J. (2011). Creativity for 21st Century Skills: How to Embed Creativity into the Curriculum. Ashland University: Sense Publisher

Price, C. (2011). Five Strategies to Engage Today’s Students. Magna Online Seminar.

Rusdin, N. M. (2018). Teachers Readiness in implementing 21st Century Learning. International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences. Vol. 8 No. 4. Hal 1293-1306

Wijaya, E. Y, Sudjimat, D. A, dan Nyoto. A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Kanjuruhan Malang Volume 1 ISSN 2528-259X

Willis, J. (2006). Research-based strategies to ignite student learning: insight from a neurologist and classroom teacher. ASCD




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Asyiah, Sati Sati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.