PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA “DULOK KUMISAN†DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Rina Kurnia, Yeti Nurhayati

Abstract


Salah satu kompetensi dasar  yang harus dikuasai oleh peserta didik sekolah dasar kelas V yaitu pemahaman matematis pada pokok bahasan volume kubus dan balok. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, sebagian besar peserta didik kelas V SDN Margahayu 08 Tahun Ajaran 2018-2019 menunjukkan pemahaman matematis yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga “Dulok Kumisan†dalam meningkatkan pemahaman matematis. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalen control group design. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Pengujian hipotesis pertama menggunakan uji beda rata-rata (data berasal dari distribusi normal dan homogen) sedangkan hipotesis kedua diuji dengan Mann Whitney U Test karena normalitas tidak terpenuhi tetapi berasal dari varians yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas eksperimen yang menerapkan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga “Dulok Kumisan†lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dan terdapat perbedaan peningkatan pemahaman matematis peserta didik kelas V SDN Margahayu 08 pada pokok bahasan volume kubus dan balok setelah diterapkan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga “Dulok Kumisanâ€. Dengan demikian strategi pembelajaran inkuiri berbantuan alat peraga “Dulok Kumisan†dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman matematis.


Keywords


Strategi Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Pemahaman Matematis, Alat Peraga Volume Kubus dan Balok

Full Text:

23-32

References


Astuti, Y, and B setiawan. 2013. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Brbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran KooPeratif Pada Materi Kalor.†pendidikan IPA Indonesia 2(1): 88–92.

Budisetyawan, S. 2012. “Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Tema Sistem Kehidupan Dalam Tumbuhan Kelas VIII Di SMP N 2 Playen.†Pendidikan IPA FMIPA UNY 1(4): 1–6.

Chandra, Mayarnimar, and M. Habibi. 2018. “Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark Untuk Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(1): 72–80. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/100050.

Fauziah, Muhardila. 2018. “Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Metode Group Investigationdi Kelas IIIB SDN 05 VI Suku.†Cakrawala Pedagogik 2(2): 169–75. http://stkip.syekhmanshur.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/83.

Habibi, M., and Chandra. 2018. “Strategi Direct Writing Activity Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Bagi Siswa Kelas II SD.†Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar ISSN 2(1). http://103.216.87.80/index.php/jippsd/article/view/100032.

Habibi, M, Chandra, R Mahyuddin, and S Hendri. 2018. “Validity of Teaching Materials for Writing Poetry Based on Creative Techniques in Elementary Schools.†Mimbar Sekolah Dasar 5(3): 145–54. http://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/14501.

Muhammadi, Taufina, and Chandra. 2018. “Literasi Membaca Untuk Memantapkan Nilai Sosial Siswa Sd.†Litera 17(2): 202–12. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/16830.

N, Resmini, and Dkk. 2009. Pembinaan Dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Rahayu, P, S Mulyani, and Miswadi S.S. 2012. “Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Mengunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study.†pendidikan IPA Indonesia 1(1): 63–70.

Sasmito, luncana faridhoh, and Ali Mustadi. 2015. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Temtik Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.†Pendidikan Karakter 5(1): 70–81.

Siskandar. 2017. “Analysis Of The Role Of Teacher And Madrasah Leadership In Implementing.†19(2): 149–58. file:///C:/Users/usergb/Downloads/12194-29239-1-PB.pdf.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabet.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Taufina, and Chandra. 2017. “Developing The Big Questions And Bookmark Organizers (Bqbo) Strategy-Based Literacy Reading Learning Materials In The 4th Grade Of Elementary School.†In 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET), Atlantis Press, 857–64. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icset-17/25886637.

Tedjawati, J.M. 2011. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study: Kasus Di Kabupaten Bantul.†Jurnal pendidikan dan kebudayaan 17: 480–89.

Thobroni, M, and Arif Musthoafa. 2011. Belajar Dan Pembelajaran Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Konsep, Landasan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group.

Widhiartha, and Dkk. 2008. Lesson Study Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Pendidik Non Formal. Surabaya: Prima Printing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1687

Refbacks



Copyright (c) 2019 Rina Kurnia, Yeti Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.