PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

Toto Sumianto, Sigit Vebrianto Susilo, Euis Dwi Astuti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terhadap rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Negeri Babakan II, salah satu penyebabnya yaitu metode dan teknik mengajar yang kurang variatif, dan Penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai menyebabkan hasil belajar yang rendah. Hal tersebut dilihat saat anak merasa bosan dalam pembelajaran. Sehingga siswa kurang percaya diri dan takut untuk menyampaikan pendapat. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan  hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Babakan II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru dan peneliti, tindakan penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD negeri Babakan II, sebanyak 22 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah tes yang berupa butir soal, observasi yang berupa lembar observasi kinerja guru dan lembar observasi kegiatan siswa serta dokumentasi. Data yang berupa hasil tes sebagai data primer, hasil observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I presentase 55% dengan nilai rata-rata kelas diperoleh 74,50, Sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata yang diperoleh 85,41 dengan persentase sebesar 86%. Dengan demikian penerapan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPS kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Babakan II.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Full Text:

210-219


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Toto Sumianto, Sigit Vebrianto Susilo, Euis Dwi Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.