MODEL REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Yeni dwi Kurino

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang  selalu muncul dari Sekolah Dasar samapi Perguruan Tinggi. Dalam prosesnya, Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar lebih mengutaman pengetahuan. Namun alangkah baiknya praktik pemahaan konsep matematika itu juga perlu dilakukan saat proses kegiatan belajar mengajar  yaitu dengan menghubungkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pembelajaran yang menghubungan konsep kehidupan sehari-hari itu merupaka salah satu model pembelajaran Realistic Mathematic Education. Dengan model Realistic Mathematic Education Pengetahuan dan kemampuan bukan merupakan hasil transfer ilmu dari seseorang ke orang lain dalam hal ini guru ke siswa, akan tetapi pengetahuan dan kemampuan dibentuk sendiri oleh siswa melalui pengalaman nyata dengan mengaitkan pengetahuan yang telah dimilikinya. Dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar tentunya juga harus mengutamakan pengalaman, sehingga mau tidak mau harus melibatkan siswa secara aktif. Maksudnya bahwa walaupun kamu berpikir telah mengetahui sesuatu, kamu tidak akan memiliki kepastian tentang hal tersebut sampai kamu mencoba melakukannya sendiri. Dengan begitu akan terjadi komunikasi efektif dua arah antara siswa dan guru, dimana dampak pengiringnya siswa dapat mengembangkan berpikir matematiknya.

 

Kata kunci : Realistic Mathematic Education, pembelajaran matematika


Full Text:

184-187

References


Depdiknas. (2006). Pengembangan Bahan Ujian dan Analisis

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Sembiring, R.K. (2010). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia(PMRI):Perkembangan dan Tantangannya. IndoMS. J.M.E. I, (1), hlm. 11-16.

Shoimin, A. (2013). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistic. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yeni dwi Kurino

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.