PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBAHASA PADA SISWA KELAS 3 SD
Abstract
Abstrak
Media komik ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi berbahasa siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Researchand Development (R & D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengembangan dengan model ADDIE melalui beberapa tahapan diantaranya Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian siswa kelas 3 dengan jumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data berupa validasi dari ahli media dan materi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media komik yang dihasilkan: (1) kevalitan data yang diperleh dari penilaian ahli media 85% dan dari ahli materi 90% yang masuk dalam kategori sangat baik. (2) Respon dari angket guru dan siswa terhadap penggunaan media komik juga masuk dalam kategori yang sangat baik, perolehan angket guru adalah 90% dan angket respon siswa memperoleh skor 89.5%. (3) hasil observasi kompetesi berbahasa siswa mengalami peningkatan dari sebelum menggunakan media komik hanya 48.5% dan setelah menggunakan media komik menjadi 71.25%, artinya kompetensi berbahasa siswa meningkat 22.75%. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, angket respon guru dan siswa yang rata-rata menunjukan kategori baik, maka media komik Bahasa Indonesia yang dikembangkan layak digunakan untuk membantu siswa meningkatkan kompetensi berbahasanya.
Kata kunci: komik, kompetensi berbahasa siswa
Abstract
This comic media aims to develop the language competence of students in 3rd grade Indonesian language learning. This study uses a type of research Research Development (R & D) that uses the ADDIE development model. Development with the ADDIE model through several stages including Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Research subjects in grade 3 students with a total of 20 people. The data collection technique is in the form of validation from media and material experts. The results of the study show that the comic media produced: (1) the validity of the data obtained from the assessment of media experts is 85% and from the material experts 90% are included in the excellent category. (2) The responses from teacher and student questionnaires to the use of comic media also fall into a very good category, the acquisition of teacher questionnaires is 90% and the student questionnaire scores 89.5%. (3) the results of the observation of language competency of students experienced an increase from before using the comic media only 48.5% and after using the comic media became 71.25%, meaning that students' language competencies increased by 22.75%. Based on the results of the validation of material experts, media experts, teacher and student response questionnaires which showed good categories on average, the Indonesian language comic media developed properly was used to help students improve their language competence.
Keywords: comics, student language competence
Full Text:
124-132References
Ambaryani ., & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik untuk Efektivitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik.Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1).
Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar.Jurnal Refleksi Edukatika. 8(2).
Anugraheni, I., Kristin, F., & Airlanda, G. S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis Olah Pikir Di Sekolah Dasar. Jurnal Inventa, (2).
Budiarti, W. N., & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2).
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Gagne, Robert M & Leslie J Briggs. (1970). Principles of Instructional Design. Harcort Brace Jovanivich Collage Publisher. San Diego.
Halijah. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi, 1(3).
Halimah, L. (2008). Pemberdayaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 4 SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru. Jurnal Pendidikan Dasar, (10).
Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Mi Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1).
Hurlock, E. B. (1978). Child Development (6th ed.). New York: McGraw-Hill.
Indaryati., & Jailani. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1).
Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Jurnal Of Innovative Science Education, 1(1).
Mc Cloud, scott. (2002). Understanding Comic. Jakarta. KPG.
Pribadi, B.A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta :Dian Rakyat.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sudjana, Nana., & Ahmad. Rivai. (2002). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana., & Ahmad. Rivai. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sundari, Lilis, dkk. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1).
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung :Angkasa.
Zulaeha, I. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Berkonteks Multikultural. Jurnal Litera, 12(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1354
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nadia Astri Pandanwangi, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.