EFEKTIVITAS TERAPI APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA) TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS AUTISME

Mareyke Jessy, Noviana Diswantika

Abstract


Anak dengan spektrum autis memiliki perkembangan yang cukup berat. Namun mereka memiliki hak yang sama layaknya anak yang normal lainnya. Perkembangan anak autis tidak sma dengan anak lainnya, mereka sering membentuk pola tertentu dan membutuhkan konsistensi yang tinggi. Anak autis membutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam mengoptimalkan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas terapi ABA (Apllied Behavior Therapy) untuk meningkatkan bahasa anak autis, dan perkembangan bahasa anak autis setelah memperoleh terapy ABA. Sebelum metode ABA diterapkan, kemampuan kemampuan rata-rata anak untuk berbicara dengan satu jenis kosakata membutuhkan beberapa kali latihan dengan hasil yang kurang baik, namun setelah diberikan tindakan, maka kemampuan bahasa rata-rata anak autis mengalami peningkatan.

 

Kata kunci : ABA (Applied Behavior Therapy), Bahasa, Autisme

Full Text:

105-109

References


Artanti, P. Y. (2012). Studi Deskriptif Terapi Terhadap Penderita Autisme Pada Anak Usia Dini di Mutia Center Kecamatan Bojong Kabupaten Purbalingga. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies , 44-48.

Bonnice, S. (2009). Anak yang Tersembunyi Pemuda Autis (Terjemahan Oleh Moses Aries Romawan dan Imam Setiadji). Sleman: KTSP.

Chaer, A. (2003). Psikolinguistik (Kajian Teoritik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chauchard, P. (1983). Bahasa dan Pikiran. Translate by A. Widyamartaya. Yogyakarta: Saunders Company.

Danim, S., & Khairil. (2010). Psikologi Pendidikan (Dalam Persepektif Baru). Bandung: Alfabeta.

(1994). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder. Washington DC: Anerican Psychiatri Association.

Dunlap, G., Carr, E. G., Horner, R. H., Zarcone, J. R., & Schwartz, I. (2008). Positive Behavior Support and Applied Behavior Analysis : A Familian Alliance. Sage Publications , 682-698.

Handojo, Y. (2009). Autisme Pada Anak. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Hardiani, R. S., & Rahmawati, S. (2012). Metode ABA (Applied Behavior Analysis) : Kemampuan Bersosialisasi Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis. Jurnal Keperawatan Soedirman , 1-9.

Kentjono, D. (1990). Dasar-Dasar Linguistik Umum. Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Kingley, J. (2006). Applied Behavior Analysis. Jakarta: Gramedia.

Leaf, R., & McEachin, j. (1999). A Work in Progress : Behavioural Management Strategis and Curriculum for Intensive Behavioural Treatment of Autism. new York: DRL Books.

Lovaas, O. (2003). Teaching Individuals with Developmental Delays : Basic Intervention Techniques. Texas: Pro-Ed.

Movahedzadeh, B., & Shah-mansouri, M. J. (2017). Effectiveness of Applied Behavior Analysis In The Self-Help Skills and Stereotyped Behaviors of Children with Autism pectrum Disorder in Isfahan. Social Determinant of Health , 141-147.

Pamoedji, G. (2007). Seoutar Autisme. Jakarta: Gramedia.

Prasetyono. (2008). Serba-Serbi Anak Autis. Jogjakarta: DIVA Press.

Scariano, M., & Grandin, T. (1986). Emergence : Labeled Autistic.

Soendari, R., & Wismiati. (2010). Sentra Persiapan. Jakarta: Pustaka Al-Fallah.

Watson, J. (1914). Behavior : An Introduction to Comparative Psychology. new York: Henry Holt and Company.

Wong, C., Odom, S., Hume, K., Cox, A., Fettig, A., & Kucharzyk, S. (2015). Evidence-Based Practices For Children, Youth and Young Adults with Autism Spectrum Disorder : A Comprehensif Review. J Autism Dev Disorder , 51-66.

Yuliantina, I. (2014). Peningkatan Kemampuan Bahasa Awal Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 111-118.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mareyke Jessy, Noviana Diswantika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.