PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rizki Umi Nurbaeti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak guru yang belum memaksimalkan pembelajaran seperti hal nya dalam mengembangkan bahan pembelajaran yang dibutuhkan. Bahan ajar berupa buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri. Metode penelitian ini dengan menggunakan penelitian dan pengembangan dengan prosedur penelitian yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) Pengembangan bahan ajar (3) validasi bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil tes keterbacaan dari bahan ajar menunjukkan bahwa kriteria keterbacaan mudah dipahami dengan nilai rata-rata siswa menjadi 88%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa, pengembangan bahan ajar tema lingkungan sahabat kita  di kelas V Sekolah Dasar berbasis Problem Based Learning dinyatakan valid.

 

Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar IPA, Problem Based Learning.


Full Text:

53-57

References


Prastowo, Andi. 92013) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Yogyakarta:Diva Press.

Trisnaningsih, (2007).Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Demografi Teknik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. h. 3

Rusman, (2012). Model – Model Pembelajaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Saputra, dudu S. (2016). Pengaruh metode pembeajaran dan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis argumentasi. Jurnal Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

M. D. Gall, J. P. Gall, and W. R. Borg. (2007). Educational Research: An Introduction (8th Edition). New York: Longman.

R. Rachmadtullah, Z. Ms, and M. S. Sumantri. (2018). “Development of computer - based interactive multimedia : study on learning in elementary education,†Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 4, pp. 2035–2038.

M. S. Sumantri, A. W. Prayuningtyas, R. Rachmadtullah, and I. Magdalena, “The Roles of Teacher-Training Programs and Student Teachers’ Self-Regulation in Developing Competence in Teaching Science,†Adv. Sci. Lett., vol. 24, no. 10, pp. 7077–7081, Oct. 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizki Umi Nurbaeti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.