IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA

Wina Dwi Puspitasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa, atas dasar itulah tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IV SDN Majalengka Kulon I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Majalengka Kulon I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Majalengka Kulon I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai sebelum diberikan tindakan hingga siklu II. Nilai rata-rata diperoleh sebelum tindakan mencapai 68,35 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 30%. Pada siklus I rata-rata nilai mencapai 78,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 65%. Kemudian pada siklus II rata-rata nilai mencapai 87,25 dengan persentase ketuntasan 90%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas IV SDN Majalengka Kulon I Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2017-2018.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS, Model Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions.

Full Text:

PDF

References


Ahamdi, I.K, dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu “Pengaruhnya Terhadap Konsep, Mekanisme, dan Proses Pembelajaran Sekolah Swasta dan Negeri”. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arifin, Z., dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2016). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafido Persada.

Sanjaya, W. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pernadamedia Group.

Sudjana, N. (2013). Tuntunan penyusunan karya ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algansindo.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

       

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)