PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BERGAMBAR PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Budi Febriyanto, Yuyun Dwi Haryanti, Oom Komalasari

Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa yang disebabkan karena proses pembelajaran yang belum mengoptimalkan penggunaan media dalam memahami konsep materi pembelajaran serta belum memberikan kesempatan siswa dalam berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas II  SDN Simpeureum I sebanyak 30 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan nontes. Tes terdiri dari butir soal dan nontes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah  analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi setiap siklus dan analisis deskriftif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian pemahaman konsep matematis  akhir siswa setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kantong bergambar dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas II SDN Simpeureum I. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus pertama sampai siklus ketiga. Pada siklus pertama tingkat ketuntasan siswa mencapai 40%, siklus kedua meningkat menjadi 66,67% dan pada siklus ketiga meningkat menjadi 80%. Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini adalah 75% sehingga dapat disimpulkan penggunaan media kantong bergambar dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas II SDN Simpeureum I.

 

Kata Kunci: media kantong bergambar, pemahaman konsep matematis


Full Text:

PDF

References


Ari, D. (2014). Metode Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Genius Media.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran (eighteen ed). Jakarta: PT. Rajawali.

Bahri. (2008). Konsep dan Definisi Konseptual. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dahar, W. R. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Nurani Sejahtera.

Indra, M.R. dan Ishnaningrum, I. (2015). “Efektifitas Penggunaan Media Ict dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika.” Mifa Learning Journals. Vol 2, (3). hlm.198-199.

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Rosda Karya

Nurisan, J. A. dan Agustin, M. (2013). Dinamika Perkembangan anak & Remaja Tinjauan Psikologi, Pendidikan dan Bimbingan (two ed). Bandung: PT. Refika Aditama.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Poerwadarminto. (2001). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Risnawati. (2000). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Sadiman, S. A. dkk. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafinndo Press.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Bandung: PRENAMEDIA GROUP.

_______. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Siregar, S. (2013). “Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Software Graphmatica. Journal Penelitian, Vol 3, (1), hlm.1-9.

Sucahyo. (2012). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar, PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. (Online), halaman 11. Tersedia: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/indek.phpl (03 Agustus 2018)

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hail Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (twenty ed). Bandung: Alfabeta.

Sumantri. (2005). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.

Wibawa, B. dan Mukti, F. (2001). Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana.

Wiriaatmadja, R. (2010). Metode Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen (nine ed). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wiyani, A. N. (2013). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

       

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)