UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBARBAGI SISWA KELAS IV SDN CIGASONG III KECAMATAN CIGASONG KABUPATEN MAJALENGKA

Ari Yanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SDN Cigasong III, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2017/2018.dalam dua siklus setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Cigasong III yang berjumlah 25 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrument pengumpulan data menggunakan soal tes,  lembar observasi dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS kelas IV SDN Cigasong III. Hasil belajar saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 65,76 untuk ketuntasan ada 12 siswa atau 48% dan belum tuntas ada 13 siswa atau 52%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70,00. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas71,92, ketuntasan ada 15 siswa atau 60% dan belum tuntas ada 10 siswa atau 40% berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke siklus I sebesar 6,16, sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 76,90 dan ketuntasan ada 22 siswa atau 88% dan belum tuntas ada 3 siswa atau 12%, dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 4,98. Selain itu keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat.Hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukkan pendapat.

 

Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Media Gambar.


Full Text:

PDF

References


Asrori. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Daryanto.(2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai.(2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sanjaya. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharjo.(2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suhardjono.(2004). Diklat Pengembangan Kurikulum Ilmu Pendidikan Sosial. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto.(2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwarsih Madya.(1994). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

       

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)