UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA

Dede Salim Nahdi, Devi Afriyuni Yonanda, Nurul Fauziah Agustin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Peneliti memberikan solusi dengan penerapan metode demonstrasi, suatu metode pembelajaran dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu sebuah model penelitian yang terdiri atas empat tahap yakni perencanaa, tindakan, pengamatan dan refleksi. Ada pun desain PTK penelitian ini mengacu pada skema yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN majalengka Kulon V Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka tahun ajaran 2017/2018. Jumlah seluruh siswa yang dijadikan subjek dalam penelitian adalah 36 siswa, yang terdiri dari 18 orang siswa perempuan dan 18 orang siswa laki-laki. Adapun Instrumen (alat pengumpul data) yang digunakan adalah butir soal dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian terungkap adanya peningkatan hasil evaluasi siswa pada siklus I siswa memiliki rata-rata 69,79 sedangkan pada siklus II memiliki rata-rata 80,69  dengan persentase kenaikan dari pra-siklus ke siklus I meningkat sebesar 18,94% sedangkan dari siklus  I ke siklus II meningkat sebesar 28,28% dan dari pra-siklus ke siklus II meningkat sebesar 47,22%  maka dari itu dengan meggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN Majalengka Kulon V Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2017/2018

 

Kata kunci :   Metode Deminstrasi, Pemahaman konsep


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Revitalisasi Penilian Pembelajran dalam Konteks Pendidikan Multiriterasi Abad Ke 21. Bandung: Refika Aditama

Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara

Cahyo, D. E. (2015). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar IPS Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Tesis pada Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: tidak diterbitkan

Cahyono, A (2013). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar Teraktual dan terpopuler. Jogjakarta: Diva press

Dahar, R W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas.

Djamarah,dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, dan Syaiful B. (2010). Guru Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fattah, N. (2013). Analisis kebijakan pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamdani, D dkk. (2012). Pengaruh Model pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat peraga Terhadap pemahaman Konsep Cahaya kelas VIII Di SMP Negri 7 Kota Bengkulu 10 (01), hlm 70-88

Haryati, S. (2013). Peningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui metode Demonstrasi berbasis lingkungaan pada siswa kelas IV SDN kalimakal Brebes. Skripsi Program Pendidikan guru sekolah dasar universitas Negeri Semarang. (tidak diterbitkan)

Hawa, S dkk. (2012). Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Benda Cair Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Sains Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Sienjo. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 2 ISSN 2354-614X

Heriawan, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis Model, pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran. Banten: LP3G (lembaga Pembinaan dan pengembangan Profesi Guru)

Huda, M. (2014). Model-Model pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jihad, A dan Asep, H (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Pressindo.

Karina, E. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi Pendidikan guru sekolah dasar universitas Majalengka. (tidak diterbitkn)

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. PT Rajawali Pres.

Kurniawan, B. (2014). Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA pada materi gaya magnet siswa kelas V SDN 03 pelabai kabupaten Lebong. Skripsi Program Pendidikan guru sekolah dasar jurusan ilmu pendidikan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Bengkulu. (Tidak diterbitkan)

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Olvin. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Materi Perpindahan Energi Panas Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN 2 Salungkaenu . Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6 ISSN 2354-614X

Purwanto, M N. (2011). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusadi, Amalia. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Strategi Know Want To Learned (KWL). Skripsi Pendidikan guru sekolah dasar universitas Majalengka. (tidak diterbitkn)

Roestiyah. (2012). Strategi belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Samatowa, U.(2011). Pembelajran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Santi, dkk. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres I Sidole. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 4 ISSN 2354-614X

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana Prenada Media Grup

Sujana, A. (2009). Model Pembelajaran di sekolah Dasar. Sumedang: Upi pers

Sujana. A (2012). Konsep Dasar IPA. Bandung: Rizqi Press

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu konsep, Strategi dan implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Remaja Rosda Karya

Wisudawati, A dan Eka S. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal has been Indexed by:

       

  

Creative Commons License
Cakrawala Pendas is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2015. All Rights Reserved.

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Majalengka - (UNMA)