PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

mahpudin mahpudin

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang muncul pada siswa yang disebabkan oleh proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga menyebabkan proses pembelajaran terkesan monoton dan menimbulkan rasa jenuh dan bosan pada diri siswa serta tidak ada pengalaman belajar yang bermakna, sehingga hasil belajar siswa yang kurang baik. Maka perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen agar proses pembelajaran lebih bermakna dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode eksperimen. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis & Tagart. Hasil penelitian menunjukan metode eksperimen sangat efektif dalam meningkatkan  hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil belajar mengalami peningkatan dan mengalami ketuntasan belajar sebesar 100%.

Kata Kunci : Metode eksperimen, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Cahyo, N.A (2013) Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA Perss.

Depdiknas (2003)Sistem Pendidikan NasionalNo. 23 Tahun 2003.

Iru, I dan Arihi, S.O.D (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Startegi dan Model Pembelajaran.Cetakan ke-1. Yogyakarta:Multi Presindo.

Madya, S. (2009). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

Purnomo, H dan Abdi, H.K(2012)Model Reward dan Punishment Perspektif Pendidikan Islam. Cetakan 1. Yogyakarta: Deepublish.

Rustaman, N. dkk (2011) Materi dan Pembelajaran IPA SD. Edisi 1. Jakarta: Universitas terbuka.

Sapriati, A. Dkk (2009)Pembelajaran IPA di SD.Edisi 1.Jakarta: Universitas Terbuka. Departemen Pendidikan Nasional.

Sutikno, S.M (2013) Belajar dan Pembeljaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang berhasil. Lombok: Holistika.

Suyanto dan Djihad, A. (2012)Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Cetakan ke-1. Yogyakarta: Multi Presindo.

Syarifudin, dkk (2011) Pembelajaran PKn di SD. Cetakan ke-2. Yogyakarta: Deepublish.

Wardani, W., dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuk


Refbacks

  • There are currently no refbacks.