Potensi Keunggulan Lokal Kabupaten Majalengka dan Pemanfaatannya Pada Pembelajaran Biologi

Ipin Aripin

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui potensi keunggulan lokal di Kabupaten Majalengka, yang dapat dimanfaatkan/diangkat dalam pembelajaran biologi sebagai khasanah untuk memperkenalkan potensi keunggulan lokal Kabupaten Majalengka secara umum dan potensi pengembangannya dalam pembelajaran, khususnya biologi. Kabupaten Majalengka sebagai salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat selama ini kurang dikenal masyarakat secara luas, namun dengan adanya pembangunan bandara internasional Jawa Barat (BIJB) nama kabupaten Majalengka kian harum secara nasional maupun internasional. Kabupaten Majalengka memiliki potensi pariwisata alam yang luar biasa dan belum sepenuhnya tereksplorasi secara maksimal untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui kegiatan wisata, agrowisata, ekowisata maupun dieksplorasi sebagai bagian dari keunggulan lokal yang dapat dijadikan sumber belajar siswa. Biologi sebagai ilmu yang mengkaji tentang makhluk hidup serta interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya (ekologi) memiliki potensi untuk mengangkat keunggulan lokal setempat dalam pembelajaran sebagai bagian dari kekhasan kurikulum. Potensi untuk lebih memperkenalkan keunggulan lokal Majalengka melalui pembelajaran biologi di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Majalengka tergolong tinggi, banyak keunggulan lokal yang dapat diangkat dari Kabupaten Majalengka seperti wisata terasering Panyaweuyan,  objek wisata Curug Cipeuteuy, situ Sangiang, objek wisata petilasan Prabu Siliwangi, agrowisata durian sinapeul, sentra pembibitan tanaman hortikultura dan sebagainya. Keunggulan lokal tersebut dapat diangkat pada tema-tema pembelajaran biologi seperti pada materi ekologi, sel dan jaringan, vertebrata dan invertebrata, interaksi antara makhluk hidup atau materi pembelajaran ekologi, zoologi, botani, dan lain-lain, serta sebagai tempat observasi lapangan. Produk ajar yang dapat dikembangkan dari keunggulan lokal tersebut dapat berupa buku, RPP berbasis keunggulan lokal atau bervisi SETS, modul, LKS, panduan observasi, poster, dan lain sebagainya.

 

Kata kunci: Keunggulan Lokal, Majalengka, Pembelajaran Biologi

Full Text:

PDF

References


Ahmad, I. Khoiru. 2012. Mengembangkan Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal Dalam KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka

Amri, S, dkk. 2012. Mengembangkan Pendidikan berbasis Keunggulan Lokal dalam KTSP. Jakarta : Prestasi Pustakarya

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogjakarta : DIVA Press

http://nandangbaret.blogspot.com

https://majalengkakab.go.id/profil-majalengka-2/

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/

https://www.wisatajabar.com/2016/05/curug-cipeuteuy-majalengka-objek-wisata.html

http://pusatpenangkaranbibitmangga.blogspot.com/2014/04/bibit-mangga-majalengka-bibit-mangga.html

Mumpuni, Kristantia Elok. (2013). Potensi Keunggulan Lokal Berbasis Karakter dalam Pendidikan Biologi di Indonesia. Jurnal Seminar Nasional Biologi X Pendidikan Biologi UNS. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/3137

Prasetyo, Zuhdan Kun. 2013. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Yogyakarta : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika.

Wahidin. 2006. Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga Buana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.