Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur’an Sebagai Metode Untuk Pembentukan Karakter Siswa

Yeni Suryaningsih

Abstract


Dewasa ini ada sesuatu yang memprihatinkan dengan dunia pendidikan di Indonesia. Proses pendidikan ternyata belum berhasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Masih banyak hal-hal negatif terjadi di kalangan remaja yang merusak moral mereka. Sehingga dimensi iman dan taqwa (imtaq) dan berakhlak mulia merupakan bagian yang seharusnya terpadu dari tujuan pendidikan nasional. Manusia yang terdidik seharusnya menjadi orang bijak, yaitu yang dapat menggunakan ilmunya untuk hal-hal yang baik, dan dapat hidup secara bijak dalam seluruh aspek kehidupan berkeluarga, bertetangga, bermasyarakat, dan bernegara. Karenanya, sebuah sistem pendidikan yang berhasil adalah yang dapat membentuk manusia-manusia berkarakter. Sebagai upaya untuk menjawab permasalahan tersebut, perlu adanya paradigma baru dari guru tentang pendidikan karakter (akhlak) di sekolah. Pembinaan karakter ini bisa dilakukan oleh guru biologi dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam kegiatan pembelajaran biologi dengan mengkaji Al-Qur’an dan dipadukan dengan teknologi sebagai penerapannya mempunyai implikasi sosial yang dan moral yang sangat luas. Berdasarkan hal itu pendidikan karakter dapat dikembangkan di sekolah

 

Kata kunci: Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur’an, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, R. (2014). Sains berbasis Al-Qur’an. Jakarta. Bumi Aksara.

Baiquni, Achmad (a). 1995. Al-Qur’an, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf.

---------------- (b). 1997. Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman, Yogyakarta: Dana Bhakti Primayasa.

Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In CharacterEducation: A Research- Driven Guide for Educators, Washington DC: University of Missouri- St Louis.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Dokumentasi Depdiknas.

Departeman Agama RI, Al-Qur’an dan terjemah, (Surakarta: Ziyad, 2009)

Dzahabi, al-. 1961. al-Tafsir wa al-Mufassirun, Jilid II, Kairo: Daar al-Kutub al Haditsah.

Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fikri, jamal. Sains dan Teknologi Dalam Al-Qur’an dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung.

Fajar el-Dusuqy. 2008. Ekologi Al-Qur’an (Menggagas Ekoteologi-Integralistik). Volume IV, Nomor 2, Oktober 2008. Kaunia. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ghulsyani, Mahdi. 1993. Filsafat Sains Menurut al-Qur’an, Bandung: Mizan.

Hardisman. dr (2014). Reproduksi Seksologi dan Embriologi dalam kajian Ilmu Kedokteran dan Al-Qur’an. Yogyakarta. Gosyen Publishing.

Haryati, Sri. Pendidikan karakter Dalam Kurikulum 2013, FKIP UTM.

Ibrahim Al Hifnawi, M. Tafsir Al-Qurthubi Jilid 12.

Jasmi, K. A., Ahmad A., & Jamarluddin, I. A. 2013. Al-Quran dan Biologi in Penciptaan Manusia dari Perspektif al-Quran. Skudai, Johor Bahru: Universiti Teknologi Malaysia Press, pp. 49– 73. ISBN:978-983-52-0915-4.

Johansyah. 2011. Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian Dari Aspek Metodologis. Volume XI, Nomor 1, Agustus 2011. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Program Pascasarjana IAIN Ar-Raniry.

Kementrian Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jilid X. Jakarta. Lentera Abadi.

Kemdiknas. 2010. Panduan Guru Mata Pelajaran, Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdiknas.

Koesoema A, Doni. 2009. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger, Mengembangkan Visi Guru Sebagai Pelaku Perubahan dan Pendidik Karakter. Grasindo, Jakarta.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter; Panduan lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Nusa Media, Bandung.

Marieb, E.N. 2010. Essentials Of Human Anatomy & Physiology. Eighth Edition. New York: Pearson.

Maskawih. 1994. Menuju Kesempurnaan Akhlak. Mizan, Bandung.

Milyasari. 2013. Pendidikan Biologi Berbasis Imtaq sebagai Usaha Pembentukan Karakter Bangsa. Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang. Ta’dib, Volume 16, No.1. Juni 2013.

Maemonah. 2012. Aspek-aspek Dalam Pendidikan Karakter. Forum Tarbiyah (STAIN) Pekalongan.

Maunah, Binti. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. tahun V, Nomor 1. Jurnal Pendidikan Karakter.

M. Ramli. 2015. Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadits. Volume 13, Nomor 23, april 2015. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI kalimantan.

Rahma, D. Fatikah, dkk. 2015. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq Pada Jamblang. Volume 5, Nomor 2 tahun 2015. Scientiae educatia. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Rohimin. 2008. Tafsir Tarbawi, Kajian Analisis dan Penerapan Ayat-ayat Pendidikan. Nusa Media, Yogyakarta.

Shihab, Quraish. 1996. Wawasan al-Qur’an, Mizan, Bandung.

Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Tahun II, Nomor 1. Jurnal Pendidikan Karakter.

Sutisna, dkk. 2014. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Nilai Imtaq Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mandirancan. Volume 3, Nomor 1, Juni 2014. Scientiae Educatia. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sugiyatmi. 2009. Pembelajaran Kompendium Al-Qur’an Melalui Metode Diskusi Kelas dan Diskusi Kelompok Ditinjau Dari Minat Belajar dan Kepribadian Siswa (Studi Kasus Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem). Usulan Penelitian Tesis. Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Valerie Scanlon, Valerie C. Scanlon, Ph.D., Tina Sanders. 2010. Essentials of Anatomy and Physiology. New York: F.A. Davis Company.

Yahya, Harun. 2001. Miracles of the Qur'an. Canada: al-Attique Publishers.

------------------- 2002. Bacalah dengan Nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Pengantar Film Pengetahuan Populer Harun Yahya Series. Jakarta: Nada Cipta Raya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.