Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA

aden arif gaffar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi dampak pencemaran bagi kehidupan, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Terisi melalui penggunaan model picture and picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dimana peneliti bekerjasama dengan Guru Kelas sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Terisi sebanyak 20 siswa terdiri dari 8siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes. Data yang yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta dokumentasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir setiap siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model picture and picture dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMPNegeri 3 Terisi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa pada prasiklus sampai pada siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada prasiklus yaitu 57,5 dan ketuntasan klasikal yaitu 35%. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 72 sedangkan ketuntasan klasikal 55%. Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 79,8 sedangkan ketuntasan klasikal mencapai 77,5%. Kesimpulannya, penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Terisi.

 

Kata kunci : Model Picture and Picture, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S., Suhardjono. Dan Supardi. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib. Z. (2013). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: CV Sahabat.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tentang Standar Proses, Jakarta: BSNP.

Chadidjah H, 2003. Model Pembelajaran Pendidikan kependudukan dan Lingkungan hidup Dengan Media Gambar Untuk Menanamkan Kepedulian Lingkungan Anak sekolah Dasar. Surakarta. Jilid 6. No 2.

Cilcilia W, 2008. “Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn di SMP 2 Sambong Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2007/2008. Blora. Vol 2, No 2.

Devi. P.K, dan Anggraeni, S. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat perbukuan DEPDIKNAS.

Dwiki, Santika dan Sri Yuniati. 2006. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Aksara Bumi

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv. Pustaka Setia

Haryanto, (2004). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD Dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan DEPDIKNAS.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mahardhika, K, 2007. Membekali kemampuan Mahasiswa Fisika dalam mengevaluasi Kemampuan Belajar Siswa Dengan Model tes Bergambar Kartun Kejadian Fisika. Jember. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No 064.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Miles, M. B dan A. M. Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (Judul Asli: Qualitative Data Analysis, Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohandi Rohidi ). Jakarta: UI Press.

Nasution S., 2004, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Ronald B, Jacy J 2007. Cooperative Learning, Responsibility, Ambiguity, Controversy and Support in Motivating Students. Professor of Political Science Park University. Vol 2:57-63

Rini Prisma G, 2006 . “Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Biologi Melalui Pendekatan Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Berbasis Gambar ( Picture and Picture ) Pada Siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kota Padang Panjang”. Vol 3, No 1.

Ruhumat, T. et al. (2009). Kurikulum & Pembelajaran (edisi 3). Bandung: Jurusan Kurtekpen FIP UPI.

Russell N, Joel R, 2002. Pictorial Illustrations Still Improve Students’Learning From Text . Educational Psychology Review, Vol. 14, No. 1

Rusman. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.http://style-lecture.blogspot.com/2016/05/pembelajaran-kooperatif-jigsaw.html.

Santoso, R.E.B. (2011). Model Pembelajaran Picture and Picture. [Online]. Tersedia: http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-pictureand-picture.html. [20 juli 2016].

Sardiman. A. M. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, nana (2011:22) Penilian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosydakarya.

Sulistyorini, S. (200&0. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Suprijono A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2010, Model Pembelajaran dalam Teori dan Praktek, Jakarta Prestasi Pusaka

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional.

Uno, H. B. 2007. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Uus Toharudin, Sri Hendrawati, dan Andrian Rustaman. (2011). Membangun

Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Winata Putra, (1992). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta. Universitas Terbuka.

Wiraatmadja, R. (2012). Metode penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.