Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi

Megayani Ilmi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penerapan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pembelajaran Sistem Ekskresi di kelas XI TKJ SMK Yabujah Segeran Kabupaten Indramayu dan (2) mengetahui hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Metodologi penelitian menggunakan Desain yang  melibatkandua kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu Pretest-Posttes Control Group Design, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknikRandom sampling. Penelitian dilakukan di SMK Yabujah kelas XI TKJ pada bulan April-Mei 2016 dengan sampel 64 siswa. Hasil penelitian Model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat yang digunakan oleh Guru dalam proses belajar mengajar. Penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray terbukti telah membantu kegiatan pembelajaran peserta didik menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi dalam belajar peserta didik serta membuat peserta didik menjadi interaktif dan komunikatif. Terdapat adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI TKJ SMK Yabujah Segeran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan respon yang baik dari peserta didik.

 

Kata kunci: Kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray), Hasil Belajar, Sistem ekskresi

 


Full Text:

PDF

References


Lie, Anita. (2010). Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Miarsyah, Mieke dkk. (2011). Biologi untuk SMK dan MAK Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

Slavin, E.R. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa media.

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.