Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi
Abstract
Mata pelajaran Biologi merupakan mata pelajaran yang memiliki banyak materi yang disesuaikan dengan tuntunan kurikulum dan dalam pelaksanaannya diperlukan kegiatan praktikum sebagai penunjang agar siswa dapat memahami suatu konsep yang sulit dipahami jika tidak dilakukan praktikum dalam pembelajarannya. Kegiatan praktikum yang dilakukan dalam pembelajaran dapat mengembangkan banyak keterampilan, baik keterampilan fisik maupun keterampilan sosial. Pelaksanaan kegiatan praktikum dapat menjadi sarana bagi siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains yang dapat dikembangkan dalam kegiatan praktikum diantaranya keterampilan observasi, klasifikasi, interpretasi, komunikasi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, mengajukan hipotesis, dan mengajukan pertanyaan. Keterampilan-keterampilan tersebut merupakan keterampilan proses intelektual yang sangat penting dalam mempelajari biologi.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Praktikum, Keterampilan Proses Sains,
Pelajaran Biologi
Full Text:
PDFReferences
Ango, Mary L. 2002. Mastery of Scince Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of sciense: An Educogy of Science Education in the Nigerian Context. International Journal of Educolog. Vol.16. No.1:11-30.
Astuti, Rina. 2012. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Volume 1. Jurnal Inkuiri.
Avidianto, D. 2010. Hakikat Biologi sebagai Ilmu, Tersedia http://zaifbio.wordpress.com/2010/05/05/hakikat-biologi-ilmu/, diakses tanggal 28 Oktober 2017.
BSNP 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, BSNP Jakarta
Devi, Poppy kamalia. 2013. Keterampilan Proses dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SMP. Bandung:PPPPTK IPA.
Djamarah,S.B. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djamarah, S.B. dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwijayanti, G & Siswaningsih, W. 2004. Keterampilan Proses Siswa SMU Kelas II Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Melalui Metode Praktikum. Makalah.
Fuadi, M.Agus. 2008. “Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Melalui Eksperimen Menggunakan KIT dan Alat Sederhana pada Pembelajaran Fisika”. (dalam editor: Dr. Ferdy S.Rondonuwu dkk. Prosiding Seminar Nasional dan Pendidikan Sains: Pembelajaran Sains yang Menarik dan Menantang). UKSW, Salatiga.
Legimin. Metode Praktikum Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. (Yogyakarta: LPMP), hal.4.
Liandari, Eka, dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Merumuskan dan Menguji Hipotesis Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dengan Metode Praktikum. Vol.2. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika.
Meikapasa, Ni Wayan Putu. 2017. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI Melalui Penilaian Asesmen Kinerja Dalam Kegiatan Praktikum Pembelajaran Biologi Pada Siswa XI IPA 2 SMA Negeri Bandung. Vol. 11. Jurnal. Ganec Swara.
Permendikbud No.21 Tahun 2016. ‘Standar Isi pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat tentang Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti Sesuai dengan Jenjang dan Jenis Pendidika tertentu’.
Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.
Subiantoro, A.W. 2005. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Makalah disampaikan pada Kegiatan PPM”Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan”. Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY. Yogyakarta.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wulandari, Vindri Catur Putri, dkk. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 Di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Universitas Negeri Malang.
Wulandari, P.R. 2011. Peningkatan Keterampilan Dasar dan Penguasaan konsep Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Pembelajaran Biologi Kelas VIII B SMP Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.
Warianto, C.2011. Biologi Sebagai Ilmu (Online), (http://skp.unair.ac.id/reposit ory/guruindonesia/biologiSebagaiIlmu_ChaidarWarianto_25.pdf, diakses pada 28 Oktober 2017).
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i2.759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat, IndonesiaTelp/WA : 0813 2016 1985email : bioeducatio.unma@gmail.com
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.