ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS SISWA IPA KURIKULUM 2013 PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII UNTUK DIGUNAKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DITINJAU DARI RELEVANSI ISI, KETEPATAN DAN KOMPLEKSITAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi isi, tingkat elaborasi berdasarkan model representasi teks dari buku teks siswa tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis relevansi isi buku teks ini pada topik Sistem Pencernaan pada indikator standar proses pembelajaran silabus IPA kurikulum 2013 ditemukan 20 indikator pembelajaran dengan kategori 17 indikator pembelajaran terakomodasi dan 3 indikator pembelajaran tidak terakomodasi atau 85% yang tergolong baik. Untuk ketepatan 20 konsep berdasarkan standar analisis konsep terdapat 85% konsep memadai, 15 % konsep kurangnya atribut, dan 0 % konsep yang tidak dituntut dalam indikator standar proses pembelajaran. Ini menunjukkan konsep-konsep dalam buku teks tersebut adalah relevan baik. Analisis wacana materi subjek buku teks siswa tersebut menghasilkan representasi teks dengan tingkat kedalaman mencapai unit struktur 4 level yang menunjukkan materi subjek tertata cukup rinci. Dengan akomodasi dan isi yang memenuhi standar kurikulum 2013 kedalaman struktur makro sudah memadai. Buku teks siswa tersebut adalah layak sebagai bahan ajar.
Kata Kunci : Buku Teks Siswa, Relevansi Isi, Ketepatan Konsep, Kompleksitas
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i1.589
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat, IndonesiaTelp/WA : 0813 2016 1985email : bioeducatio.unma@gmail.com
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.