PERILAKU MASA PUBER PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH PUI KECAMATAN MAJA KABUPATEN MAJALENGKA
Abstract
Penelitian ini bertolak dari adanya analisis terhadap persoalan-persoalan dalam kegiatan belajar mengajar yang harus ada proses baik input maupun output, salah satu yang berpengaruh adalah masukan mental atau raw input yaitu siswa yang memiliki karakteristik baik fisiologis maupun psikologis. Dimana perkembangan masa puber yang merupakan periode yang ditandai oleh perubahan perkembangan baik aspek biologis maupun aspek psikologis yang berpengaruh pada motivasi belajarnya. Dalam penelitian ini yang dijadikan sumber informasi adalah siswa dan siswi Madrasah Aliyah Persatuan Umat Islam Maja yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Data ini dimasukkan ke dalam data jenis data kualitatif yang dianalisa dengan menggunakan rumus persentase dan rumus uji kelinieran regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis untuk analisa data kuantitatif..Dan dari hasil perhitungan dapat diketahui bahwa lebih dari setengahnya siswa mengalami perubahan perkembangan pada masa puber dan kurang dari setengahnya siswa juga mengalami penurunan pada motivasi belajarnya.Serta hasil uji hipotesis ternyata terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar mereka. Sehingga Pada masa puber perlu adanya bimbingan kepada siswa dari para pendidik untuk mengarahkan mereka supaya bisa mempersiapkan akan terjadinya perubahan-perubahan baik secara biologis maupun psikologis
Kata kunci: Perilaku Masa Puber, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v2i1.587
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat, IndonesiaTelp/WA : 0813 2016 1985email : bioeducatio.unma@gmail.com
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.