ANALISIS PENGGUNAAN BAHAN AJAR DIGITAL TERHADAP KECERDASAN MAJEMUK PESERTA DIDIK DI SMAN 1 MANDE
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk menganalisis bagaimana penggunaan bahan ajar digital terhadap kecerdasan majemuk di SMA Negeri 1 Mande. Penelitian ini dilakukan secara online dalam pengumpulan data observasi melalui google form. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Mande di Cianjur, Jawa Barat. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah non partisipan dimana peneliti tidak terlibat langsung. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan kelas XII di SMA Negeri 1 Mande. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner mengenai penggunaan bahan ajar di SMAN 1 Mande dan kecerdasan majemuk masing masing peserta didik serta wawancara kepada guru di SMAN 1 Mande. Penggunaan bahan ajar di SMAN 1 Mande sudah cukup baik dilihat dari respon guru maupun peserta didik akan tetapi disarankan lebih baik apabila adanya bahan ajar digital karena akan lebih kreatif seperti dari fitur-fitur yang menarik minat dan motivasi peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Guru di SMAN 1 Mande juga mengetahui tentang kecerdasan majemuk akan tetapi memang belum diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Peserta didik di SMAN 1 Mande memiliki kecerdasan majemuk yang paling dominan ada di bagian kecerdasan kinestetik.
Full Text:
PDFReferences
Afifah, D.I., Rahayu, E.S., & Anggraito, Y.U. (2018). Development of EModule Based Android for Teaching Material of Plantae Kingdom Topic. Journal of Biology Education. 7(1):1-8.
Dina O, Jufrida, Darmaji. (2017). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal EduFisika 1, no. 1 : 7 -12.
Gardner, H. (1983). Frames of mind: the theory of multiple intelligences. New York: Basic Books. The second edition was published in Britain by Fontana Press.
Gardner, Howard. (2009). Multiple Intelligence after Twenty Years. New York: Perseus Group Books.
Goff, E.E., Reindlz K.M., Johnsom, C., McClean, P., Offerdahl, E.G., Schroeders, N.L., & Whiter, A.R. (2018). Investigation of a stand alone online learning module for cellular respiration instruction. Journal of Microbiology & Biology Education. 19(2):1-7. https://doi.org/10.1128/jmbe.v19i2.1460
Gordesky, J. T. (2016). The Impact On Achievement From Student And Parent Attitudes Towards Using Smartphones In School. (Disertasi). University of North Texas. ProQuest Dissertatio Publishing. 1-121.
Hajhashemi, K., Caltabiano, N., Anderson, N., & Tabibzadeh, S.A. (2018). Multiple Intelligences, Motivations And Learning Experience Regarding Video Assisted Subjects In A Rural University. International Journal of Instruction. 11(1):167-182. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11112a.
Hanafi, F. and Samsudin, K. (2012). Mobile Learning Environment System (MLES): The Case of Android-Based Learning Application on Undergraduates’ Learning. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 3, 1-2.
Hapsari, N. (2016). Pengembangan E- Modul Pengayaan Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Biologi. 5( 5), 23-31.
Harichandran, R.S., Erdil, N.O., Carnasciali, M.I., Gobel, J.N & Li, C. (2018). Developing An Entrepreneurial Mindset In Engineering Students Using Integrated E-Learning Modules. Advances in Engineering Education.15(2):1-16.
Iis Avriyanti and Nadi Suprapto. (2018). Penerapan Strategi Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Fisika pada Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 3, no.7 : 395-398.
Kartika Gita Septiana, Jaslin Ikhsan. (2017). Pengaruh Penerapan Multiple Intelligences Dengan Model PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 5, no. 1 : 43-52.
Lia Ni’matul Maula dan Alimufi Arief. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Listrik Dinamis Kelas X MAN Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 3, no. 3 : 46-50.
Pahlifi, D., & Fatharani, M. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Jamur (Fungi) Manusia Untuk Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 5(1): 109-116. https://doi.org/10.21831/jipi.v51.25111
Prawita, W., Prayitno, B.A., & Sugiyarto. (2019). Effectiveness of a Generative Learning Based Biology Module to Improve the Analytical Thinking Skills of the Students with High and Low Reading Motivation. International Journal of Instruction. 12(1), 1460-1476.
Riva Lesta Ariany, Jarnawi Afgani D, Stanley Dewanto. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences (MI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa SMP. JES-MAT 3, no. 1.
Schmid, R., & Petko, D. (2019). Does The Use Of Educational Technology In Personalized Learning Environments Correlate With Self-Reported Digital Skills And Beliefs Of Secondary-School Students?. Computers & Education. 136, 75–86.
Smaldino, E. Sharon. Lowther, L. Deborah. Russel, D. James. (2012). Instructional Technology and Media For Learning. New York: Pearson Education, Inc.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhail Mahmoud Al-Zoubi and Fatma Ali Al-Adawi. (2019). Effects of Instructional Activities Based on Multiple Intelligences Theory on Academic Achievement of Omani Students with Dyscalculia. Journal for the Education of Gifted Young 7, no. 1: 1-14.
Wahyu Siami Purnamasari dan Setyo Admoko. (2015). Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kartika Wijaya Surabaya pada Materi Fluida Statik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika 4, no. 2 : 98-101.
Williams, K. M., Stafford, R. E., Corliss, S. B., & Reilly, E. D. (2018). Examining Student Characteristics, Goals, And Engagement In Massive Open Online Courses. Computers & Education Journal. 126, 433–442.
Zulfiani, Z., Suwarna, I.P., & Miranto, S. (2021). Improving Students Academic Achievements Using The Sced-ALS Android Based. International Journal of Instruction. 14(2):735-756. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14241a
Zuriah, N., Sunaryo, S., & Yusuf, N. (2016). Ibm Guru Dalam Pengembangan Bahan ajar digital Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi. Vol 13:39- 49.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i2.4014
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat, IndonesiaTelp/WA : 0813 2016 1985email : bioeducatio.unma@gmail.com
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.