PENGEMBANGAN KREATIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM MENCIPTAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video yang dikembangkan oleh mahasiswa pada mata kuliah media pembelajaran biologi semester II. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan menggunakan acuan model 4D Thiagarajan (1974) dengan beberapa tahapan yaitu meliputi define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap pengembangan, yaitu define, design, dan develop. Dengan menggunakan teknik analisis kelayakan media pembelajaran video berbasis video dilihat dari hasil uji validasi ahli. Adapun hasil uji validasi yang didapatkan oleh ahli menunjukkan rata-rata data kelayakan isi (materi) sebesar 75%, dan kelayakan media 83%. Hasil keseluruhan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi pada materi cakupan biologi.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i2.3894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat, IndonesiaTelp/WA : 0813 2016 1985email : bioeducatio.unma@gmail.com
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.