PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Berdasarkan observasi dan refleksi peneliti di kelas IX SMP Negeri 3 Terisi Kab. Indramayu menunjukkan bahwa permasalahan yang teridentifikasi menyebabkan kemampuan dalam menguasai materi pelajaran sangat lemah, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang kurang memuaskan, kurangnya kreativitas siswa dalam proses pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar sangat pasif, siswa. Salah satu masalah yang dihadapi adalah masalah lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran IPA. Maka dari itu dilakukan perbaikan dengan salah satu model pembelajaran yang mampu mengembangkan peran guru sebagai pembimbing dan fasilitator untuk mengembangkan potensi siswa yaitu model discovery learning. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I tindakan 1 pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning sebesar 65,38%. Pada tindakan 2 keberhasilan pelaksanaan 76,92% sedangkan pada siklus II tindakan 1 keberhasilan pelaksanaan pembelajaran learning sebesar 88,46%, pada tindakan 2 keberhasilan pelaksanaan learning sebesar 100%.. siklus II tindakan 2 yakni keberhasilannya telah lebih dari 85%.. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I tindakan 1 rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 76,53, jumlah siswa yang mendapat nilai di atas target adalah 17 siswa atau sebesar 65,38% meningkat pada siklus I tindakan 2 rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 78,46, jumlah siswa yang mendapat nilai di atas target adalah 20 atau sebesar 76,92%, sedangkan pada siklus II tindakan 1 rata-rata nilai yang diperoleh siswa 84,42, jumlah siswa yang mendapat nilai di atas target adalah 23 atau sebesar 88,46%, meningkat lagi pada siklus II tindakan 2 rata-rata nilai yang diperoleh siswa 87,30 jumlah siswa yang mendapat nilai di atas target adalah 26 siswa atau sebesar 100%, sehingga pada siklus II tindakan 1 baru tercapainya target yang ditentukan yakni 85%.
Full Text:
PDFReferences
Balim, A. G. 2009. “The Effect of Discovery Learning on Students Success an Inquiry Skills”. Eurasian Journal of Educational Research/ Issue 35, 1-21.
Hamiyah, N. dan M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta:Prestasi Pustaka.
Hopkins, David. 2011. Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Ismail, S. dan A. Atan. 2011. “Aplikasi Pendekatan Penyelesaian Masalah Dalam pengajaran Mata Pelajaran Teknikal dan Vokasional di Fakulti Pendidikan UTM“. Journal of Educational Psychology and Counseling/ Vol.2 No.1, 113-144.
Isnarto, Wahyudi, D. Suryadi, dan J. A. Dahlan. 2014.” Students’ Proof Ability: Exploratory Studies of Abstract Algebra Course”. International Journal of Education and Research/ Vol.2 No.6, 215-228.
Jannah, Raudhatul. dkk. 2012. “Peran Guru dalam Menerapkan Karakter Disiplin Siswa di SMA Negeri II Banjarmasin” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol.2 No.10, 24-29.
Karim, Asrul. 2011. “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar”. Edisi Khusus/ No. 1, 21-32.
Lusi, Samuel S., dan Ricky A. N. 2013. Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Offset.
Murni, Etika Nomita. 2013. “Optimalisasi Strategi Pembelajaran Siklus Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Matematika”. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Surakarta 15 Mei 2013. 82-88.
Murtafiah, Wasilatul. 2009. “Profil Kemampuan siswa Memecahkan Masalah Kontekstual Matematika di SMP Negeri 1 Madiun”. Jurnal Pendidikan MIPA/ Vol.1 No.2, 31-53.
Puspita, S. A. R., Pitadjeng, dan N. Nugraheni. 2013. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Model Think Pair Share”. Joyful Learning Journal/ Vol.2 No.3, 1-9.
Rahman R., dan S. Maarif. 2014. “ Pengaruh Penggunaan Metode Discovery terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/be.v5i2.2597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Organizer by the Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, the University of Majalengka p-ISSN : 2541-2280, e-ISSN : 2541-4097Address : Jln. K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat, IndonesiaTelp/WA : 0813 2016 1985email : bioeducatio.unma@gmail.com
Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education) is lisenced under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.