PENGARUH PENERAPAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI SMPN 2 MANONJAYA TASIKMALAYA

Egi Nuryadin, Popo Musthafa Kamil, Hilman Firmansyah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas VIII SMP N 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi seluruh kelas VIII SMP Negeri 2  Manonjaya, sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 148 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa tes hasil belajar berjumlah 32 butir soal yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pengujian hipotesis didapatkan nilai t­hitung = -5,69 dan ttabel =2,04. Maka thitung terletak di daerah penolakan Ho, hal tersebut menunjukan bahwa adanya pengaruh penerapan media macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP N 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media macromedia flash memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas VIII SMP N 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata kunci : media macromedia flash, hasil belajar, sistem pencernaan makanan pada manusia


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arina, Latifa. (2014). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Kejuruan Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 depok (Online). Tersedia: (http://eprints.uny.ac.id/29835/ [ 22 Februari 2018].

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Indra, Sakti. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta.

Lina dkk. (2014) Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Sistem Pencernaan dan Pernapasan Siswa Kelas V Sd Al Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2014/2015 (Online). Tersedia:http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63629/LINA%20PUSPA%20OKTAVIA.pdf?sequence=1[ 22 Februari 2018].

Philipus, Erwin. (2007). Flash Master. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Rena (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Pembelahan Sel dengan Menggunakan Macromedia Flash untuk Kelas XII SMA.[Online]. Tersedia:https://media.neliti.com/media/publications/59241-ID-pengembangan-media-pembelajaran-pembelah.pdf [30 Desember 2017].

Sadiman, Arif at al.(2014). Media Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Thabroni, M.(2017). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yokyakarta : Ar-ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.