MODEL LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM REPRODUKSI

Liah Badriah, Dani Ramdani

Abstract


Abstract

 

The Learning Start With a Question (LSQ) Model in this reseach is applied for improvement of learning outcomes in senior high school for  subject of Reproductive Systems.

Metodology of this reseach is true experimental by using control group pretest-posttest design. The population of students XI SMA 1 Banjarsari. The sample of  2 classes taken cluster random sampling from 6 classes, that one class as experimental class is XI IPA 1 the number of sample is 24 students and the class as control class is XI IPA 2 the number of sample is 24 students. Data collection techniques are paper test (pretest and posttest) to obtain data on student learning outcomes. The research’s data are done with consider their normality an homogenity, and then the data analysis technique is used mean difference test with t-test with a significant level (α) = 5%.

Based on data analysis and hypothesis testing shows that there is a significant increase in learning outcomes of  senior high school student whose learning process uses the Learning Start With a Question (LSQ) model. The gain value for the experimental class is 14.5 and for the control class 11.68.

 

Keywords: Learning Start With a Question, Learning Outcomes, Reproductive System

 

Abstrak

 

Penerapan Model Learning Start With a Question (LSQ) dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMA pada pokok bahasan Sistem Reproduksi.

Metode dalam penelitian ini adalah true ekperimental dengan menggunakan desain rancangan control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa XI SMA Negeri 1 Banjarsari. Sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling dari 6 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 24 orang dan dan satu kelas sebagai kelas kontril yaitu XI IPA 2 sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan ujian tukis (pretest dan posttest) untuk memperoleh data kemampuan hasil belajar siswa. Hasil data penelitian sudah diuji prasyarat normalitas dan homogenitasnya dan kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf signifikan (α) = 5%.

Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa SMA yang proses pembelajarannya menggunakan model Learning Start With a Question (LSQ). Nilai  gain untuk kelas eksperimen 14.5 dan untuk kelas kontrol 11,68

 

Kata Kunci : Learning Start With a Question, Hasil belajar, Sistem Reproduksi

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hernawan, Edi. (2016). Pengantar Statistika Parametrik. Tasikmalaya: LPPM Universitas Siliwangi.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susatyo, Eko Budi. et.al., (2009). “Penggunaan Model Learning Start With A Question dan Self Regulated Learning Pada Pembelajaran Kimia”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3:1. 406-412. Universitas Negeri Semarang.

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Vani, Siti., et,al. (2016). “Pengaruh Model Learning Start with a Question Berbasis Eksperimen Sederhana terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X Man 2 Model Palu”. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 5: 2. 13-18. Universitas Tadulako Sulawesi Tengah.

Vebiola, Vebi., et.al. (2017). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start a Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Seni Tari di SMA Negeri 14 Padang”. E-Jurnal Sendratasik. 6:1. 52-60. Universitas Negeri Padang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.