PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERVISI SETS BERBASIS EDUTAINMENT PADA KONSEP PENCERNAAN

Abdur Rasyid

Abstract


Pembelajaran IPA pada jenjang SMP belum diajarkan secara terpadu, masih terpisah antara biologi,dan fisika, sehingga IPA dipelajari sebagai konsep yang terpisah-pisah. Pembelajaran IPA belum dikaitkan dengan unsur SETS (Science, Environtment, Technology, Society). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran IPA Terpadu bervisi SETS berbasis edutainment pada tema “Pencernaan Sehat Awal Hidup Sehat”.2) Mengetahui validitas dan reliabilitas media pembelajaran IPA Terpadu bervisi SETS berbasis edutainment pada tema “Pencernaan Sehat Awal Hidup Sehat”, 3) Mengetahui efektivitas media pembelajaran IPA Terpadu bervisi SETS berbasis edutainment pada tema “Pencernaan Sehat Awal Hidup Sehat. Siswa kelas VIII  SMP N 11 kota Cirebon tahun ajaran 2017/2018 sebagai populasi pada penelitian ini. Desain penelitian menggunakan metode design dengan pretes-posttes kontrol group design. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian dan pengembangan desain R & D yang dimodifikasi dari Sugiyono. Hasil penelitian, Media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran, karena ≥ 83% peserta didik dari ketiga kelas eksperimen mencapai KKM yang telah ditentukan dan terdapat peningkatan nilai pretest-posttest. Aktivitas belajar peserta didik dari ketiga kelas eksperimen ≥ 78% mencapai kategori aktif dan sangat aktif. Media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan tanggapan positif dari ≥ 85% peserta didik.. Perlu dikembangkan kerjasama dengan pelajaran lain yang ada kaitanya dengan pelajaran IPA Biologi Bervisi SETS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.