POTENSI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS KOMUNITAS DI DESA CIBODAS KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Rani Andriani Budi Kusumo, Anne Charina, Yossini Deliana, Gema Wibawa Mukti

Sari


Keterpaduan sistem agribisnis sangat penting peranannya dalam industri berbasis agribisnis. Salah satu bagian dari subsistem agribisnis secara luas adalah pengembangan sektor pariwisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai objek wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi agrowisata di Desa Cibodas berbasis sumberdaya lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah sejumlah tokoh masyarakat di Desa Cibodas dan masyarakat Desa Cibodas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Cibodas memiliki sumberdaya lokal yang potensial untuk dikembangkan sebagai agrowisata. Potensi pertanian dan kondisi alam Desa Cibodas dapat dijadikan atraksi wisata yang ditawarkan kepada pengunjung. Keberadaan beberapa objek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dapat menjadi faktor penunjang pengembangan agrowisata di Desa Cibodas. Masyarakat sebagai pelaku utama pengembangan agrowisata harus dilibatkan secara penuh dalam perencanaan dan pengelolaannya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. 2015. Rekapitulasi data kunjungan wisatawan ke kota Bandung.

Gunawan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara

Mosher, A.T. 1965. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. Jakarta : C.V. Yasaguna

Muhza, V. D; Ribawanto, H,; Hadi, M. 2015. Pengembangan agrowisata dengan pendekatan community based tourism. Jurnal Administrasi Publik, 1(3) : 135-141.

Priasukmana, S; Mulyadin, R.M. 2001. Pembangunan desa wisata : Pelaksanaan undang-undang otonomi daerah. Info Sosial ekonomi, 2(1) : 37-44.

Rudita, I.K.P; Sitorus, S.R.P; Hadi, S. 2012. Potensi obyek wisata dan keterpaduannya dalam pengembangan kawasan agropolitan Payangan Kabupaten Gianyar Provinsi Bali. Jurnal Lanskap Indonesia, 4(1) : 37-42.

Saridarmini, Ni Luh Ayu Rai. 2011. Dampak agrowisata berbasis modal dan agrowisata berbasis masyarakat. Tesis. Denpasar: Universitas Udayana.

Soekadijo, R.G. 2000. Anatomi Pariwisata. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Usman, M. 1999. Peluang pengembangan ekoturisme Indonesia sebagai andalan alternatif kepariwisataan nasional. Makalah pada seminar Prospek dan Manajemen Ekoturisme Memasuki Milenium Ketig. Kementrian Kehutanan Bogor, Jawa Barat.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.