Analisis Tingkat Kesejahteraan Peternak Sapi Perah di Provinsi Jawa Tengah

Ulfa Indah laela Rahmah

Abstract


Pendapatan petani sangat erat kaitannya dengan tingkat kesejahteraan. Nilai tukar pendapatan rumah tangga pedesaan (NTPRP) merupakan indikator untuk menunjukkan tingkat kesejahteraan petani. Beberapa penelitian terdahulu,  menggunakan NTPRP untuk mengetahui tingkat kesejahteraan petani dengan komoditas pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan.

Penelitian ini untuk mengetahui: Bagaimana tingkat kesejahteraan peternak sapi perah di Propinsi Jawa Tengah tahun 2012. Bagaimana pengaruh jumlah kepemilikan ternak, tingkat pendidikan peternak, pekerjaan peternak, jumlah keluarga, dan sasaran pemasaran produk terhadap tingkat kesejahteraan.

Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan sebagia berikut : Sebanyak 65,98% peternak sapi perah di Propinsi Jawa Tengah tahun 2012 berada dalam kategori tidak sejahtera dengan Nilai Tukar Pendapatan Rumahtangga Peternak (NTPRP) rata-rata 0.90. Jumlah kepemilikan ternak, tingkat pendidikan peternak, pekerjaan peternak, jumlah keluarga dan sasaran pemasaran secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan. Jumlah kepemilikan ternak, tingkat pendidikan peternak, pekerjaan peternak dan sasaran pemasaran berperan dalam meningkatkan kesejahteraan peternak, sedangkan penambahan jumlah keluaga dapat menurunkan kesejahteraan.

Kata Kunci :Tingkat  Kesejahteraan  Peternak, Sapi perah

 

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.