Rantai Nilai Agribisnis Mangga Gedong Gincu (Manginfera Indica L) di Kabupaten Majalengka

Suhaeni Suhaeni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mempelajari rantai nilai (value chain) dan efisiensi pemasaran agribisnis mangga gedong gincu di Kabupaten Majalengka. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dengan menggunakan kuesioner yang sudah disiapkan sebelumnya. Sampel yang digunakan  dalam penelitian ini terdiri dari: sampel petani 88 petani yang ditentukan dengan proportional random sampling, sampel pedagang 28 pedagang yang ditentukan dengan snowball sampling yang terdiri dari  pedagang pengumpul besar 3 orang, pedagang pengumpul kecil 15 orang dan pengecer 10 orang. Rantai nilai dianalisis dengan menggunakan R/C ratio. Efisiensi pemasaran dianalisis dengan menghitung margin pemasaran, marjin keuntungan, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa R/C ratio petani, pengumpul kecil, pengumpul besar dan pengecer >1. Tingkat keuntungan paling tinggi secara nominal adalah petani. Ditinjau dari marjin pemasaran, keuntungan, farmers’s share, efisensi pemasaran, semua saluran pemasaran dikategorikan efisien.

 

Kata kunci: Rantai nilai, Mangga gedong gincu, Efisiensi pemasaran


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.