Analisis Usahatani Kentang (Solanum tuberosum l.) Berdasarkan Kultivar (Suatu Kasus di Desa Argalingga Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka).

Sri Ayu Andayani, Nana Rusnadiatman

Abstract


Penelitian ini dilaksakanakan di Desa Argalingga Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka dari bulan mei sampai juni 2013. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui suatu gambaran bagaimana keadaan petani di daerah tersebut, bagaimana kultur sosial ekonomi pertaniannya serta perbedaan pendapatan usahataninya khusunya kentang antara yang menggunakan benih kultivar granola L dan kultivar atlantik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan unit analisisnya yaitu petani yang menggunakan benih kultivar granola L dan petani yang menggunakan benih kultivar atlantik.

                Hasil yang diperoleh dari penelitian bahwa petani yang menggunakan benih kentang kultivar granola L lebih besar pendapatan nya yaitu Rp. 21.327.417/Ha dibanding dengan petani yang menggunakan benih kultivar atlantik hanya  Rp. 20.133.270/Ha. Hal ini disebabkan karena kualitas benih granola L akan mempengaruhi hasil produksi yang dihasilkan dalam kegiatan usahatani.

 

Kata kunci : Usahatani Kentang, Kultivar.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.