ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BUAH MANGGA GEDONG GINCU (Mangifera indica L)

yuliawati yuliawati, Ida Marina, Kosasih Sumantri

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya potensi ketersediaan buah mangga gedong yang cukup tinggi serta adanya persaingan antar jenis buah baik dari dalam maupun luar negeri. Pada saat proses pengambilan keputusan pembelian konsumen akan memilih buah sesuai dengan preferensinya, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui karakteristik preferensi konsumen dan menganalisis sejauh mana preferensi tersebut mempengaruhi keputusan pembelian buah mangga gedong gincu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Responden pada penelitian ini berjumlah 97 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh faktor individu dan faktor produk terhadap keputusan pembelian buah mangga gedong gincu masing-masing sebesar 0,253 (faktor individu) dan 0,516 (faktor produk). Sedangkan secara bersama-sama berpengaruh sebesar 23,134 pada taraf signifikansi 0.00%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.