PENGARUH PENGATURAN FAKTOR LINGKUNGAN TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI PADA KONDISI JENUH AIR

Acep Atma Wijaya, Olik Kholudin Nur, Adi Oksifa Rahma Harti

Abstract


Kedelai merupakan salah satu komoditas pertanian terpenting di Indonesia. Kedelai merupakan tanaman yang sangat sensitive terhadap perubahan lingkungan tumbuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaturan lingkungan tumbuh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai pada kndisi jenuh air. Faktor lingkungan tumbuh yang dicoba dalam penelitian ini adalah pengaturan jarak tanam dan metode aplikasi pemupukan. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen di lapangan dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial. Hasil penelitian menunjukkan interkasi cara pemupukan dan jarak tanam terjadi pada jumlah bintil akar efektif.

 

Kata Kunci : faktor lingkungan, metode pemupukan, jarak tanam, jenuh air


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


ADISARWANTO, T. 2014. Kedelai tropika produktivitas 3 ton/ha. Penebar Swadaya. Jakarta.

FAGERIA, N.K., V.C. BALIGAR AND C.A. JONES. 1997. Growth and Mineral Nutrition of Field Crop. Marcel Dekker. Inc. New York.

GARDNER, F. P. ; R. B. PEARCE DAN R. L. MITCHELL. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Terjemahan: Herawati Susilo. UI Press, Jakarta.

HARJADI S. S. 1996. Pengantar Agronomi. Gramedia Pustaka utama. Jakarta.

KARTASAPOETRA, G. 1985. Teknik Konservasi Tanah dan Air. Bina Aksara. Jakarta.

LINGGA, P. DAN MARSONO. 2003. Petunjuk penggunaan pupuk. Penerbit Swadaya.

Jakarta. 150 hal.

MAESEN, L. J. G. VAN DER DAN SADIKIN SOMAATMADJA. 1993. Proses Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 1 Kacang-kacangan. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Halaman 45 – 47.

MARLIAH, A. TAUFAN HIDAYAT DAN NASLIYAH HUSNA. 2012. Pengaruh varietas dan jarak tanam terhadap pertumbuhan kedelai (Glycine max L. merr). Jurnal Agrista Fakultas Pertanian Universitas Syah Kuala. Banda Aceh. Vol. 16. No 1 (2012).

MASRUROH, S. 2008. Uji cekaman garam ( NaCl ) pada perkecambahan beberapa kultivar kedelai (Glycine Max (L). Merrill ). Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. (tidak dipublikasikan)

NAIBAHO, K. 2006. Pengaruh jarak tanam dan pemupukan N lewat daun terhadap pertumbuhan dan produksi kedelai pada budidaya jenuh air. Institut Pertanian Bogor.

NELZA, A. 2016. Studi fenologi, karakter hasil dan mutu benih tanaman kacang koro pedang (Canavalia ensiformis L.) pada perbedaan kondisi naungan dan pemupukan. Tesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

NOVRIANI. 2011. Peranan Rhizobium dalam Meningkatkan Ketersediaan Nitrogen bagi Tanaman Kedelai. Agronobis, Vol. 3, No. 5.

PANGLI, M. 2014. Pengaruh Jarak Tanam terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine max L. Merrill). Jurnal AgroPet. 11(1): 1–8.

PARASTIWI, D. 2007. Pengaruh Pengaturan Jarak Tanam dan Defoliasi pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays saccharata Sturt). J.Produksi Tanaman.2(4): 12-20

PURWANINGSIH, O., D. INDRADEWA, S. KABIRUN, DAN D. SHIDDIQ. 2012. Tanggapan tanaman kedelai terhadap inokulasi rhizobium. Jurnal Agrotop 2(1):25-32.

POERWANTO, R., SUSILA, A.D. 2014. Teknologi Hortikultura. Bogor(ID): IPB Press.

RASYID, H. 2013. Peningkatan Produksi dan Mutu Benih Kedelai Varietas Hitam Unggul Nasional sebagai Fungsi Jarak Tanam dan Pemberian Dosis Pupuk P. Jurnal Gamma. 8 (2) : 46–54.

RAUF, A.W., T. SYAMSUDDIN, DAN SRI RAHAYU SIHOMBING, 2000. Peranan Pupuk NPK pada Tanaman Padi. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Loka Pengkajian Teknologi Pertanian Kota Barat, Irian Jaya.

RUKMANA, R. 1996. Kedelai. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

SANTOSO, A. B. 2016. Pengaruh perubahan iklim terhadap produksi tanaman pangan di Provinsi Maluku. Penelitian Pertanian Tanaman Pangan. Vol. 35, No. 1. Pp: 29-38

SARIEF, S. 1986. Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian. Pustaka Buana. Bandung.

SUHARSI, T.K., SURAHMAN, M., RAHMATANI, S.F. 2013. Pengaruh jarak tanam dan pemangkasan tanaman pada produksi dan mutu benih koro pedang (Canavalia ensiformis). JIPI 18(3):172-177.

SUMADI, M. RACHMADI DAN E. SUMINAR. 2016. Respons benih kedelai terdeteriorasi terhadap aplikasi pelapian benih. Prosiding Seminar Nasional dan Kongres PERAGI. Bogor. 653 – 661.

SUMARNO, DAN A. G. MASHURI. 2007. Persyaratan Tumbuh dan Wilayah Produksi Kedelai Di Indonesia. Dalam Kedelai : Teknik Produksi dan Pengembangan. Badan Litbang Pertanian. Puslitbangtan. 521 hlm.

SUPRAPTO, HS DAN TATANG SUTARMAN. 1986. Bertanam Kacang Hijau. PT. Penebar Swadaya Bandung. 38 hal.

SUTEDJO, M.M. 1994. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta, Jakarta

WIJAYA, A. A., DAN ISSE T. A. M. 2018. Kemajuan genetic harapan dan daya hasil tiga kultivar kedelai dengan pemanfaatan pupuk hayati pada konidi jenuh air. Prosiding Konser Karya Ilmiah Tingkat Nasional Tahun 2018. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.