METODE PEMBELAJARAN DALAM TRADISI PENDIDIKAN ISLAM

HERDIANTO WAHYU PRATOMO

Abstract


Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Mengingat betapa urgennya pendidikan agama bagi umatnya, maka peran guru yang profesional sebagai ujung tombak di dunia pendidikan sangat diharapkan untuk dapat  mentransfer ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan agam kepada peserta didiknya dengan berbagai metoda dan teknik. Menyadari betapa pentingnya metode dalam proses pembelajaran maka penyusun ingin membahas sekilas tentang metode-metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Metode pengajaran yaitu suatu cara penyampaian bahan pelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, fungsinya adalah menentukan berhasil tidaknya suatu prosess belajar-mengajar dan merupakan bagian yang integral dalam suatu sistem pengajaran.  Secara garis besar metode mengajar dapat di klarifikasikan menjadi 2 bagian : metode mengajar konvensional dan metode mengajar inkonvesional

Full Text:

PDF

References


Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta : Ciputat Press.

Kasbollah, K. 1993. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Inggris I (Teaching Learning Strategy). Malang : IKIP Malang.

Muhammad Siddik, Metode dan Teknik Mengajar dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas, Online, http://sumut.kemenag.go.id, diakses pada 30/09/2012.

Usman, Basrudin M. 2004. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Ciputat Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.