PERKEMBANGAN EMOSIONAL PADA ANAK

AGUS ASRI SABANA

Abstract


Emosi merupakan kegiatan pada diri seseorang yang disertai warna efektif baik pada tingkat lemah maupun tingkat yang luas. Perkembangan emosial anak tergantung pada kecerdasan emosionalnya. Makin tinggi kecerdasan emosionalnya, makin baik pula tingkat perkembangannya. Kecerdasan emosional dikategorikan atas lima wilayah, yaitu mengenali emosi diri, mengelola suasana hati, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan. Kematangan emosional anak sesuai dengan tahap perkembangannya sangat penting untuk dilatih agar dampaknya dapat dirasakan oleh mereka dimasa yang akan datang. Orang tua mempunyai peran utama dalam pengembangan kematangan emosional anak disamping pengaruh faktor lain, karenanya sebagai orang tua hendaknya lebih banyak menempa diri dengan pengetahuan yang memadai tentang perkembangan anak agar mereka dapat memberikan bimbingan kepada anak-anaknya dengan baik. Bermain merupakan kebutuhan anak dalam menjalankan kehidupannya

References


Cooper, Robert K dan Ayman Sawaf, 1998, Executive EQ; Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan dan Organisasi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Edisi Pertama

Goteman, Daniel. 1997, Emotional Intelligence, Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama, Edisi ketiga.

Hurlock, B. Elizabeth., (Alin Bahasa: Istiwidayanti, Soedjarwo). 1994.

Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan Sepanjang

Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Patton, Patricia, 1998, Emotional Intelligence di Tempat Kerja, Jakarta: Delapratasa, Edisi Pertama

Sa'ad, Abdullah. (1997). langkah Praktis Mendidik Anak Sesuai dengan

Tahapan Usia. Jakarta. Irsyad Baitus Salam.

Yusuf, Syamsu. 2003. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.

Bandung: PT. Rosda Karya Remaja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.