PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK

Diah Ratnasari

Abstract


Internalisasi adalah suatu upaya untuk memasukan pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan pengetahuan yang diberikan ke dalam diri anak, sehingga pengetahuan itu dapat menjadi bagian dari karakternya dalam kehidupan sehari-hari. Ibu, perlu mengajarkan anak untuk memahami nilai-nilai apa saja yang benar dan salah. Walaupun nilai, norma, dan budaya setiap orang berbeda-beda, namun secara keseluruhan nilai kasih sayang, sopan santun, hormat, kebaikan, kemurahan, keadilan, dan tanggung jawab merupakan beberapa nilai baik yang dapat diajarkan kepada anak sejak dini. Ibu bisa mengajarkan anak dengan berdiskusi mengenai nilai-nilai tersebut atau memberi anak beberapa tanggung jawab, seperti membersihkan meja, menghibur teman atau saudara ketika sedang sakit. Selain itu, Ibu juga perlu menjaga anak dari paparan nilai-nilai kurang baik seperti dari membaca atau menonton suatu materi yang tidak sesuai dengan usianya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature. Merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Studi kepustakaan memiliki tujuan utama yaitu mencari dasar pijakan/pondasi untuk memperoleh dan membangun landasan teori, kerangka berpikir, dan menentukan dugaan sementara atau disebut hipotesis penelitian. Sehingga peneliti dapat mengelompokkan, mengorganisasikan dan menggunakan variasi pustaka dalam bidangnya. Dapat disimpulkan bahwa sebagai orang tua tentunya kita ingin menjadikan anak tumbuh menjadi anak yang baik yang memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab di kehidupan sehari-harinya maupun di kegiatan belajarnya, untuk itu sebagai orag tua hendaknya memiliki kesadaran untuk memiliki kerjasama dalam memberikan pengasuhan sejak dini karena anak akan meniru tingkah dan perbuatan kita, dengan adanya sikap disiplin dan tanggungjawab yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak sejak dini dalam kegiatan sehari-hari maka anak juga akan memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab di setiap kehidupanya baik dalam kehidupan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, berbangsa dan bernegara.


Full Text:

Pdf PDF

References


Afindra, Pipin dan Syahrul Ismet. (2020). Efektivitas Permaiann Perkusi Kastanyet terhadap Kecerdasan Musikal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai.Volume 4 Nomor 1.

Hyoscyamina (2011), “Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak,†Jurnal Psikologi Undip:2.

Moh. Shochib, Pola Asuh Orang Tua untuk Membantu Anak Mendisiplinkan Diri (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), 17-18.

Khasanah imro atul, (2018), Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak (Studi Kasus Atas Dampak Perkembangan Teknologi Pada Siswa Kelas Iii Sdn Segulung 05) Dagangan Madiun. Skripsi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.