Pengaruh Kegiatan Outbound Terhadap Motorik Kasar Anak Di Kelompok A RA Al-Fattah Blok Sukamurni Desa Maja Selatan Kecamatan Maja

Sinta Dewi

Abstract


Penelitian ini berawal pada masalah kurang berkembangnya kemampuan
motorik kasar pada anak kelompok A, hal ini disebabkan karena kurang
efektifnya penggunaan startegi atau metode pembelajaran serta penyampain
pembelajaran yang kurang menarik kepada anak-anak, sehingga anak-anak kurang
tertarik dalam proses pembelajaran tersebut. Untuk mengatasi masalah permasalah
di atas peneliti menggunakan kegiatan Outbound dalam meningkatkan motorik
kasar anak pada kelompok A RA Al-Fattah Sukamurni Desa Maja Selatan
Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2018-2019 dengan jumlah 13 anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan
outbound terhadap motorik kasar anak.
Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan
dokumentasi sekolah berupa foto-foto dan vidio. Untuk mengetahui adanya
pengaruh kegiatan outbound terhadap motorik kasar anak maka dilakukan
pengeolahan data regresi dengan uji “tâ€, yaitu suatu tes statistik yang digunakan
untuk menguji kebenaran atau kepalsuan hipotesis nihil.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana kegiatan
outbound yang dilaksanakan di kelompok A RA Al-Fattah Blok Sukamurni Desa
Maja Selatan Kecamatan Maja? (ii) Bagaiamana Perkembangan Motorik Kasar
anak di kelompok A RA Al-Fattah Blok Sukamurni Desa Maja Selatan
Kecamatan Maja? (iii) Seberapa besar pengaruh kegiatan outbound terhadap
perkembangan motorik kasar anak di kelompok A RA Al-Fattah Blok Sukamurni
Desa Maja Selatan Kecamatan Maja?
Hasil pembelajaran menggunaka Kegiatan Outbound dalam meningkatkan
motorik kasar anak ditunjukan dari analisis data yang peneliti peroleh yaitu thitung
sebesar 8,6. Untuk menentukan ttabel dalam penelitian ini, maka dilakukan
perhitungan dengan rumus derajat kebebasan (df) dan mendapatkan hasil 12,
Kemudian pada taraf signifikan 5 % dengan df 12 yaitu sebesar 1,782, taraf
signifikan 1 % yaitu 2,681. Dapat disimpulkan bahwa ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ 5 % sebesar 1,782
dan 1 % sebesar 2,681. lebih kecil dari ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” sebesar 8,6 maka Ha diterima Ho
ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara kegiatan Outbound terhadap motoric
kasar anak di RA Al-Fattah Sukamurni Maja Selatan Kecamatan Maja Kabupaten
Majalengka.

 


Full Text:

Remote PDF

References


Aditya, 2015. Pengertian, Permainan dan Tujuan serta Manfaat Outbound,

https://gankmetro.com (diakses 8 maret 2019).

Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Atabik, Ahmad dkk. 2015. Prinsip Dan Metode Pendidikan Anak Usia Dini. Tarbiyah STAIN Kudus.

Danar Santi, 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. : PT. Macana jaya.

Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik

di Sekolah. Jogjakarta : Diva

Prees.

Fathurahman, Pupuh. 2011. Metode

Penelitian

Pendidikan.

Bandung : CV Pustaka Setia.

Hakim, Arief Rahman dan Nur

Kumala.

Pengembangan

KarakterMelalui Kegiatan

Outbound. Jurnal Moral

Kemasyarakatan, volume.1,

no. 2, hal. 173-182.

Hendariah. 2015. Pengaruh Kegiatan

Outbound

Terhadap

Perspektif Motorik Kasar Di

RA

Al-Hidayah PUI

Cangkuang

Desa

Margamukti Kecamatan

Talaga

Kabupaten

Majalengka.

Skripsi.

Majalengka:

Universitas

Majalengka.

Hidayanti, Maria. 2016. Buku Bahan

Ajar (Kemampuan Motorik

Kasar Anak Usia Dini).

Majalengka:

Universitas

Majalengka.

Mas’ud. 2014. Petunjuk Praktis

Penelitian

Kuantitatif.

Majalengka : Universitas

Majalengka.

Mirantika,

Dini.

Mengembangkan

Kemampuan Motorik Kasar

Anak Usia Dini Melalui Seni

Tari Bedana Di Taman

Kanak-kanak Melati Puspa

Tanjung Senang Bandar

Lampung. Fakultas Tarbiyah

Dan Keguruan: Universitas

Bandar Lampung

Mirroh,

Fikriyati.

Perkembangan Anak Usia

Dini

(Golden

Age).

Yogyakarta : Laras Media

Prima.

Nurmala.

Pengaruh

Permainan

Outbound

(Tangga Majemuk) Terhadap

Perkembangan Kecerdasan

Kinestetik Anak Usia Dini

Kelompok Bermain Mekar

Asih Desa Mekarraharja

Kecamatan

Talaga

Kabupaten Majalengka.

Skripsi. Majalengka

:

Universitas Majalengka.

Permendiknas. 2009. Standar

Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta : Depdiknas.

Rohendi, Aep. 2017. Perkembangan

Motorik. Bandung : Alfabeta.

Samsudin. 2008.†Pembelajaran

Motorik di Taman Kanakkanak

“. Litera Prenada

Media.

Sikdisnas. 2003. Sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta

Soetjiningsih, Cristiana Hari. 2014.

Perkembangan Anak Sejak

Pembuahan Sampai Dengan

Kanak-Kanak Akhir. Jakarta :

Prenadamedia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian

Kuantitatif dan Kualitatif dan

R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka.

Sujiono, Bambang. 2007. Metode

Pengembangan Fisik. Jakarta

: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.